PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKNOLOGI JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL KELAS XI SMKN 56 JAKARTA

CESAR AL FAZZAL ATMAJAYA, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKNOLOGI JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL KELAS XI SMKN 56 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran tambahan pada materi Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel untuk siswa kelas XI program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMKN 56 Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan bahwa media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, terbatas pada penyajian teks dan gambar, serta belum memanfaatkan fitur interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Selain itu, belum tersedia e-modul yang dapat diakses secara fleksibel melalui perangkat digital seperti komputer maupun smartphone, sehingga siswa belum memiliki alternatif pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). E-modul dikembangkan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 dan disusun dalam format HTML5 agar kompatibel dengan berbagai perangkat digital. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi dan media, serta angket uji coba respon siswa menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif dinyatakan sangat layak oleh ahli materi sebesar 100%, dan ahli media sebesar 98%. Berdasarkan pengujian SUS yang dilakukan terhadap 30 siswa (setelah mengeluarkan 4 responden dengan data tidak valid), diperoleh skor sebesar 87,34%. Berdasarkan interpretasi SUS, skor tersebut masuk dalam kategori acceptable, berada pada tingkat excellent dalam adjective rating, dan termasuk dalam grade B. Dengan demikian, e-modul interaktif yang dikembangkan dinilai efektif dan dapat diterima oleh siswa sebagai media pembelajaran yang mendukung pemahaman materi secara lebih mendalam, fleksibel, dan menarik.***** This research aims to develop an interactive e-module as a learning medium on Cable and Wireless Network Technology material for TKJ students in grade XI at SMKN 56 Jakarta. The background of this media development is based on conventional learning which is still dominated by one-way lecture methods, as well as the lack of use of interactive and interesting learning media. This research uses the Research and Development (R&D) method with the Four-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) development model. The development process was carried out through the stages of needs analysis, designing the design of the e-module using HTML5-based Articulate Storyline 3, validation by material experts and media experts, and testing the acceptability and effectiveness of the product by grade XI TKJ students. The validation results by subject matter experts showed a feasibility percentage of 100% and by media experts of 98%, both of which were included in the "Very Feasible" category. Meanwhile, the results of the effectiveness test using the System Usability Scale (SUS) with a final score of 87,34% showed that the e-module was in the "Acceptable" category in the acceptability range, obtained a grade of B, and was rated "Excellent" based on the adjective rating. It can be concluded that the interactive e-modules developed are feasible and effective to be used as a supporting learning medium for Cable and Wireless Network Technology materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si, M.T. ; 2). Ressy Dwitias Sari, S.T., M.T.I.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Cesar Al Fazzal Atmajaya .
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:03
Last Modified: 23 Jul 2025 01:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56665

Actions (login required)

View Item View Item