DHAFIN BELVA VINSA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS PADA JURUSAN DKV DI SMKN 6 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (917kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pada masa sekarang, guru harus berurusan dengan Generasi Z. Generasi Z dikenal sebagai generasi digital, yang tumbuh dengan akses yang meluas ke teknologi dan internet, sehingga memengaruhi gaya belajar dan interaksi mereka. Berdasarkan hasil wawancara dan survei, diketahui bahwa sebagian besar siswa memiliki akses ke smartphone, namun terbatas dalam penggunaan perangkat komputer dan pemahaman prinsip desain grafis. Media pembelajaran interaktif berbasis teknologi juga belum tersedia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengembangkan media interaktif berbasis Augmented Reality untuk pembelajaran desain grafis pada jurusan Desain Komunikasi Visual di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Jakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen evaluasi terdiri atas validasi ahli materi, ahli media, dan uji kelayakan pengguna menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil validasi menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori "Sangat Layak" dengan persentase kelayakan 100% dari ahli materi dan 93% dari ahli media. Hasil uji coba pengguna menunjukkan skor rata-rata SUS sebesar 79,4 yang termasuk dalam kategori “A-” dengan percentile range 85–89, sehingga dapat disimpulkan bahwa media ini layak. Produk dikembangkan dalam bentuk file APK dan layak digunakan./*****Today's teachers are dealing with Generation Z, a group of students who grew up with lots of access to technology and the internet. This has really changed how they learn and interact. Interviews and surveys revealed that while most students have access to smartphones, their use of computers and understanding of graphic design principles are limited. Furthermore, interactive technology-based learning media are not yet available.The primary objective of this research is to develop interactive media based on Augmented Reality for graphic design learning within the Visual Communication Design major at State Vocational High School 6 Jakarta. This study employs the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). Evaluation instruments included validation by material experts, media experts, and a user feasibility test utilizing the System Usability Scale (SUS). Validation results demonstrated that the media falls into the "Highly Feasible" category, with 100% feasibility from material experts and 93% from media experts. User trial results showed an average SUS score of 79.4, categorizing it as "A-" with a percentile range of 85–89, thus concluding the media's feasibility. The developed product is in the form of an APK file and is deemed suitable for use.*****
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. ; 2). Ressy Dwitias Sari, S.T., M.T.I. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 27938 not found. |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:25 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |