PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM MENGGUNAKAN PERMAINAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENSTIMULASI LITERASI SAINS DAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

NUR IKA SARI RAKHMAWATI, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM MENGGUNAKAN PERMAINAN BERBASIS WEBSITE UNTUK MENSTIMULASI LITERASI SAINS DAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (813kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran anak usia dini, kini menghadapi tantangan besar untuk memenuhi kebutuhan konsep pembelajaran baru di era revolusi 4.0. Penciptaan pengalaman belajar menggunakan permainan berbasis website yang bermakna diperlukan khususnya dalam pembelajaran sains dan matematika untuk anak usia dini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran STEAM menggunakan permainan berbasis website untuk menstimulasi literasi sains dan matematika anak usia dini. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini ialah model Borg and Gall, Dick, Carrey and Carrey, dan Rowntree. Penelitian ini memadukan data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan Teknik observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, deskriptif, inferensia dan analisis tipologis. Penelitian ini menghasilkan kebaharuan dalam syntax model pembelajaran STEAM menggunakan permainan berbasis website yang tertuang dalam rencana pembelajaran, yang selanjutnya diberi nama Model Pembelajaran TIAR-STEAM. Syntax pembelajaran yang dihasilkan dalam pengembangan ini terdiri dari transferring content, inquiry, application, reflection dan feedback (TIAR). Model Pembelajaran TIAR-STEAM dinyatakan layak oleh pakar desain pembelajaran, pembelajaran STEAM, pembelajaran anak usia dini, media pembelajaran dan bahasa indonesia yang merujuk pada penilaian layak dengan predikat sangat bagus. Sebanyak 66 anak yang menjadi sampel ujicoba mengalami peningkatan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Serta efektif untuk meningkatan kemampuan literasi sains dan literasi matematika anak usia dini. Selain itu temuan penelitian juga melaporkan bahwa model ini dapat meningkatkan pengetahuan guru terkait konten pedagogis pada domain sains dan matematika, meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran, serta meningkatkan minat anak dalam pembelajaran sains dan matematika, serta meningkatkan kemampuan anak-anak berkebutuhan khusus dengan berbagai jenis kebutuhan untuk memungut sampah, memilah sampah berdasarkan jenis, mengurutkan tahapan menanam, bekerjasama dan lebih bersemangat. Kata Kunci : model steam, permainan berbasis website, TIAR, literasi sains dan matematika ***** Early childhood learning is now facing a major challenge to meet the needs of new learning concepts in the era of the 4.0 revolution. The creation of meaningful learning experiences using website-based games is needed especially in science and mathematics learning for early childhood. Therefore, this study aims to produce a STEAM learning model using website-based games to stimulate early childhood science and mathematics literacy. The development design used in this study is the Borg and Gall, Dick, Carrey and Carrey, and Rowntree models. This study combines qualitative and quantitative data. Data were collected using observation, interview, questionnaire, and documentation techniques. Data analysis techniques used in this study include descriptive, inferential, and typological analysis. This study produces innovations in the syntax of the STEAM learning model using website-based games which are stated in the learning plan, which is then named the TIAR-STEAM Learning Model. The learning syntax produced in this development consists of transferring content, inquiry, application, reflection, and feedback (TIAR). A total of 66 children who were the trial samples experienced a significant increase between the pretest and posttest results. The TIAR-STEAM Learning Model was declared feasible by experts in learning design, STEAM learning, early childhood learning, learning media, and the Indonesian language. And effective for improving the science literacy and mathematics literacy of early childhood. In addition, research findings also report that this model can improve teacher knowledge related to pedagogical content in the science and mathematics domains, improve teachers' ability to use technology in learning, increase children's interest in science and mathematics learning, and improve the ability of children with special needs with various types of needs to pick up trash, sort trash by type, sort planting stages, work together and be more enthusiastic. Keywords: steam model, website-based games, TIAR, science and mathematics literacy

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Nur Ika Sari Rakhmawati .
Date Deposited: 23 Jul 2025 07:34
Last Modified: 23 Jul 2025 07:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56675

Actions (login required)

View Item View Item