GAMBARAN ELEMEN KAMPANYE PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @AYOSEHAT.KEMKES (STUDI KUANTITATIF DESKRIPTIF PADA KAMPANYE ABCDE #CEGAHSTUNTINGITUPENTING DI INSTAGRAM @AYOSEHAT.KEMKES 3 JUNI 2024)

WEBBY SALSABILA INDRIANIE, . (2025) GAMBARAN ELEMEN KAMPANYE PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @AYOSEHAT.KEMKES (STUDI KUANTITATIF DESKRIPTIF PADA KAMPANYE ABCDE #CEGAHSTUNTINGITUPENTING DI INSTAGRAM @AYOSEHAT.KEMKES 3 JUNI 2024). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVERpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Stunting di Indonesia menjadi permasalahan yang serius pada isu kesehatan. Upaya pemerintah dalam melakukan intervensi penurunan stunting yaitu dengan melakukan kampanye ABCDE #CegahStuntingItuPenting. Kampanye ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan juga pemahaman mengenai stunting bagi khalayak, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran elemen kampanye pada followers instagram @ayosehat.kemkes. Pada penelitian ini menggunakan satu variabel, yaitu elemen kampanye sebagai variabel independen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori public relations dengan variabel elemen kampanye Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut instagram @ayosehat.kemkes yang mengikuti dan menyukai konten kampanye ABCDE #CegahStuntingituPenting 3 juni 2024 dan jumlah sampel sebanyak 96 pengikut. Penelitian ini menggunakan metode analisis univariate dengan melihat nilai mean. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Dimensi strategies memperoleh nilai tertinggi, menunjukkan keberhasilan dalam perencanaan komunikasi, pemilihan media, serta penyampaian pesan yang relevan dan mengajak partisipasi. Dimensi strategic planning ladder dan goals juga menunjukkan capaian yang baik, mencerminkan kesesuaian antara tujuan, objektif, serta taktik kampanye yang dipersepsikan informatif oleh responden. Kampanye dinilai mampu membangun kesadaran mengenai pentingnya pencegahan stunting melalui langkah konkret.Dimensi lain seperti objective, tactics, turut menunjukkan efektivitas dalam mendorong tindakan masyarakat serta memperkuat penyebaran pesan kampanye. Kesimpulan dari penelitian elemen kampanye ABCDE #CegahStuntingItuPenting secara keseluruhan telah terlaksana dengan cukup baik berdasarkan enam dimensi elemen kampanye. ********** Stunting in Indonesia is a serious problem in health issues. The government's efforts to intervene to reduce stunting are by conducting the ABCDE #CegahStuntingItuPenting campaign. This campaign was carried out to increase awareness and understanding of stunting for the public, therefore this study aims to determine the description of campaign elements on Instagram followers @ayosehat.kemkes. This study uses one variable, namely the campaign element as an independent variable. The theory used in this study is public relations theory with campaign element variables. This study uses a positivist paradigm with a quantitative approach and a descriptive type of research. The population in this study were Instagram followers @ayosehat.kemkes who followed and liked the ABCDE #CegahStuntingituPenting campaign content on June 3, 2024, and a sample size of 96 followers. This study uses a univariate analysis method by looking at the mean value. The results of this study indicate that the Strategy Dimension obtained the highest score, indicating success in communication planning, media selection, delivering relevant messages, and inviting participation. The strategic planning ladder and goals dimensions also showed good achievements, reflecting the suitability between the goals, objectives, and campaign tactics that were perceived as informative by respondents. The campaign was considered capable of building awareness of the importance of preventing stunting through concrete steps. Other dimensions such as objectives, and tactics, also showed effectiveness in encouraging community action and strengthening the spread of campaign messages. The conclusion of the ABCDE #CegahStuntingItuPenting campaign element research as a whole has been implemented quite well based on the six dimensions of the campaign elements.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Vera Wijayanti Sutjipto, M.Si. 2). Dr. E. Nugrahaeni Prananingrum, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Webby Salsabila Indrianie .
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:23
Last Modified: 24 Jul 2025 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56698

Actions (login required)

View Item View Item