NOPRI RAMADAN SULU, . (2025) PENGARUH KAMPANYE PUBLIC RELATIONS #PASTIADAJALAN TERHADAP INTERAKSI AUDIENS PADA KONTEN KOLABORASI GOJEK X BAND PERUNGGU DI INSTAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kampanye #pastiadajalan pada konten kolaborasi gojek dan band perunggu di instagram terhadap interaksi audiens. tujuan variabel x (kampanye public relations) adalah untuk mengukur pengaruh kampanye, sedangkan tujuan variabel y (interaksi audiens) adalah untuk mengukur tingkat keterlibatan audiens. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan dengan membagikan responden sebanyak 100 responden yang merupakan followers akun @gojekindonesia dilibatkan dalam penelitian ini. teknik sampling yang digunakan purposive sampling, di mana sampel dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kampanye #pastiadajalan terhadap interaksi audiens, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,1. koefisien determinasi (r square) sebesar 0,606 menunjukkan bahwa 60,6% variasi dalam interaksi audiens dipengaruhi oleh kampanye #pastiadajalan, sementara 39,4% dipengaruhi oleh faktor lain. selain itu, ditemukan hubungan positif yang kuat antara variabel kampanye #pastiadajalan dan interaksi audiens, ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,778. hasil ini mengindikasikan penolakan hipotesis nol (h0) dan penerimaan hipotesis alternatif (ha), menegaskan adanya pengaruh signifikan kampanye #pastiadajalan terhadap interaksi audiens. Pada variabel kampanye public relations (x), dimensi penentuan objektif memiliki nilai mean tertinggi (3,50), menunjukkan kontribusi terbesar terhadap pengaruh kampanye. sementara itu, pada variabel interaksi audiens (y), dimensi keterlibatan audiens tersier menunjukkan nilai mean tertinggi (3,48), mengindikasikan tingginya interaksi audiens. hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye #pastiadajalan gojek dan band perunggu di instagram terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi audiens. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye #pastiadajalan pada konten kolaborasi gojek dan band perunggu di instagram terbukti efektif dan memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan interaksi audiens, terutama pada aspek keterlibatan audiens. Kata Kunci: Interaksi Audiens ; Kampanye #Pastiadajalan ; Public Relations. ***** This research aims to analyze the effectiveness of the #pastiadajalan campaign on collaborative content between gojek and band perunggu on instagram regarding audience interaction. the objective of variable x (public relations campaign) is to measure campaign effectiveness, while the objective of variable y (audience interaction) is to measure the level of audience engagement. this study used a quantitative approach with a survey method, distributing questionnaires to 100 respondents who are followers of the @gojekindonesia account. purposive sampling was employed, where samples were selected based on specific criteria. The analysis results indicate a significant influence of the #pastiadajalan campaign on audience interaction, with a significance value of 0.001 (p < 0.1). the coefficient of determination ($r^2$) of 0.606 shows that 60.6% of the variation in audience interaction is influenced by the #pastiadajalan campaign, while 39.4% is influenced by other factors. furthermore, a strong positive relationship was found between the #pastiadajalan campaign and audience interaction, indicated by a correlation coefficient of 0.778. these results lead to the rejection of the null hypothesis (h0) and the acceptance of the alternative hypothesis (ha), confirming the significant influence of the #pastiadajalan campaign on audience interaction. For the public relations campaign (x) variable, the objective setting dimension had the highest mean value (3.50), indicating the greatest contribution to campaign effectiveness. meanwhile, for the audience interaction (y) variable, the tertiary audience engagement dimension showed the highest mean value (3.48), indicating high audience interaction. this research concludes that the #pastiadajalan campaign by gojek and band perunggu on instagram is proven effective in increasing audience interaction. Overall, this study concludes that the #pastiadajalan campaign on collaborative content between gojek and band perunggu on instagram is proven to be effective and has a significant influence on increasing audience interaction, especially in terms of audience engagement. Keywords: Audience Interaction; #PastiAdaJalan Campaign; Public Relations.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Menati Fajar Rizki, M.I.Kom. ; 2). Anggun Nadia Fatimah, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Nopri Ramadan Sulu . |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |