PENGARUH KONTEN SOFT SELLING INSTAGRAM @GRAMEDIADIGITAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK GRAMEDIA DIGITAL

PHOEBE VALENCIA, . (2025) PENGARUH KONTEN SOFT SELLING INSTAGRAM @GRAMEDIADIGITAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK GRAMEDIA DIGITAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong perubahan signifikan dalam kebiasaan membaca masyarakat, yang kini semakin beralih ke platform digital seperti Gramedia Digital. Dalam menghadapi tantangan pemasaran produk digital, strategi konten soft selling melalui media sosial menjadi salah satu pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten soft selling di Instagram @gramediadigital terhadap minat beli produk Gramedia Digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei daring dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 397 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @gramediadigital dan telah melihat konten soft selling pada periode Januari-April 2025. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi Pearson setelah melalui asumsi uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi Pearson sebesar 0,884 dan angka signifikansi 0,000 (< 0,05). Sehingga, dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti terbukti, yaitu adanya pengaruh signifikan dari konten soft selling Instagram @gramediadigital terhadap minat beli produk Gramedia Digital. Dapat disimpulkan bahwa temuan ini membuktikan bahwa strategi konten soft selling yang bersifat halus, informatif, dan menarik secara visual dapat mendorong ketertarikan dan minat beli konsumen terhadap produk secara efektif, serta dapat dijadikan dasar untuk strategi Public Relations, pemasaran digital, dan pengembangan komunikasi yang lebih kreatif dan berkelanjutan. ***** The development of digital technology has significantly transformed people’s reading habits, shifting preferences toward digital platforms such as Gramedia Digital. In facing the challenges of promoting digital products, soft selling content strategies through social media have become one of the approaches used to increase consumer purchase intention. This study aims to determine the effect of soft selling content on Instagram @gramediadigital on a consumer purchase intention for Gramedia Digital’s products. A quantitative approach was used, using online surveys and questionnaires as research instruments. The sample was selected using purposive sampling technique. The sample used in this study was 397 respondents who follow @gramediadigital and had viewed its soft selling content during the period of January to April 2025. Data was analyzed using simple linear regression and Pearson correlation tests after passing normality and linearity assumption tests. The results revealed that the Pearson correlation coefficient was 0,884 with a significant value of 0,000 (< 0,05). Thus, the proposed hypothesis is accepted, indicating a significant effect of soft selling content on Instagram @gramediadigital on consumer’s purchase intention for Gramedia Digital’s products. These findings prove that subtle, informative, and visually engaging soft selling content strategies can effectively attract consumer’s interest in products. Furthermore, these results provide a strong foundation for developing creative and sustainable strategies in Public Relations, digital marketing, and communication efforts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Asep Soegiarto, M.Si. 2). Anggun Nadia Fatimah, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 28015 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:52
Last Modified: 28 Jul 2025 03:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56806

Actions (login required)

View Item View Item