SUCI RACHMA PRADITI, . (2025) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS INDONESIA BOOK PARTY DALAM MENJAGA CITRA SEBAGAI KOMUNITAS LITERASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia Book Party (IBP) merupakan komunitas literasi yang aktif menggunakan Instagram untuk mengangkat isu sosial melalui perspektif literasi. Tidak seperti komunitas lain yang fokus pada ulasan buku, IBP mengaitkan isu aktual dengan referensi bacaan secara reflektif. Pendekatan ini menuntut strategi komunikasi yang tepat agar pesan tetap diterima tanpa mengganggu citra sebagai komunitas yang netral, inklusif, dan menyenangkan. Model komunikasi Laswell juga digunakan sebagai alat bantu untuk memetakan struktur komunikasi yang dilakukan IBP. Indikator lain yang digunakan dalam strategi komunikasi yaitu pesan, media, engagement, konsistensi, dan respon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pendekatan kualitatif dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam strategi komunikasi yang digunakan oleh komunitas literasi Indonesia Book party (IBP) dalam mengemas isu sosial dan menjaga citra di Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IBP berhasil membangun citra komunitas yang inklusif dan reflektif melalui strategi komunikasi yang terstruktur. Pesan disampaikan dengan pendekatan literasi kritis, visual yang menarik, dan gaya narasi yang tidak menggurui. Instagram dimanfaatkan secara maksimal sebagai saluran utama, dengan partisipasi aktif audiens terlihat dari komentar, likes, dan keikutsertaan dalam kegiatan offline. Strategi diam dalam merespons komentar sensitif, seperti tidak memberikan like pada opini tertentu, juga menjadi bagian dari pendekatan pasif-reflektif yang membantu menjaga netralitas IBP. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memadukan pendekatan literasi kritis dan komunikasi yang bersifat reflektif, IBP menyusun strategi untuk menjaga citra komunitas sebagai ruang diskusi yang terbuka dan inklusif. ***** Indonesia Book Party (IBP) is a literacy community that actively uses Instagram to elevate social issues through literacy perspectives. Unlike other communities that focus on book reviews, IBP associates actual issues with reflective reading references. This approach requires an appropriate communication strategy so that the message remains accepted without disturbing image as a neutral, inclusive and fun community. The Laswell communication model is also used as a tool to map the communication structure carried out by IBP. Other indicators used in communication strategies are messages, media, engagement, consistency, and response. This study uses a qualitative approach with analytical descriptive methods. The qualitative approach was chosen because this study aims to deeply understand the communication strategy used by the Indonesian Book Party (IBP) literacy community in packaging social issues and maintaining images on Instagram. The results showed that IBP succeeded in building an inclusive and reflective community image through a structured communication strategy. The message is delivered with a critical literacy approach, attractive visuals, and non -patronizing narrative styles. Instagram is used optimally as the main channel, with the active participation of the audience seen from comments, likes, and participation in offline activities. Silent strategy in responding to sensitive comments, such as not giving like to certain opinions, is also part of a passive-reflective approach that helps maintain the neutrality of IBP. The conclusion of this study shows that by combining a reflective critical literacy and communication approach, IBP develops a strategy to maintain the image of the community as an open and inclusive discussion space.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Indah Fajar Rosalina, M.I.Kom. ; 2). Abdul Kholik, M.I.Kom. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Users 28011 not found. |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:37 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |