STRATEGI COPYWRITING DALAM MEMBENTUK BRAND IDENTITY PADA KONTEN INSTAGRAM @IZINCOID

HIKMATULLAH, TULLAH (2025) STRATEGI COPYWRITING DALAM MEMBENTUK BRAND IDENTITY PADA KONTEN INSTAGRAM @IZINCOID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Akun Instagram @izincoid merupakan media komunikasi digital yang digunakan untuk membangun brand identity di bidang layanan legalitas usaha. Dalam menghadapi persaingan digital yang semakin ketat, @izincoid memanfaatkan strategi copywriting sebagai upaya menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi copywriting yang diterapkan dalam konten Instagram mereka. Penelitian ini menggunakan landasan teori mengenai penulisan naskah kehumasan, copywriting, branding, brand identity, media sosial, dan Instagram. Instagram sebagai platform yang memungkinkan sebuah merek membentuk identitas. Copywriting yang berhasil menjadi kunci dalam membangun koneksi emosional dan memperkuat brand identity. Metodolgi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi key informan dalam penelitian ini adalah Creative Manager dan terdapat 2 informan pendukung yaitu Brand Strategic Derosa dan Social Media Specialist. Penelitian mengungkapkan bahwa copywriting yang menunjukkan kejelasan, relevansi, dan sesuai dengan harapan audiens, secara signifikan meningkatkan citra dari suatu merek. Dengan menerapkan gaya bahasa yang komunikatif dan persuasif, keterlibatan audiens dapat meningkatkan partisipasi audiens dan memperkuat kedekatan dengan merek. Kesimpulan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi copywriting yang efektif, adaptif, dan berorientasi pada audiens merupakan faktor utama dalam menciptakan identitas merek yang konsisten dan mudah dikenali di platform digital, khususnya Instagram. Kata Kunci: Identitas Brand, Instagram, Media Sosial, Penulisan, Strategi The Instagram account @izincoid serves as the digital communication medium for utilized to establish its brand identity in the field of business legality services. To navigate the increasingly competitive digital landscape, @izincoid leverages copywriting strategies to capture audience attention. This research aims to analyze the copywriting strategies implemented in their Instagram content. This study is grounded in theoretical frameworks concerning public relations scriptwriting, copywriting, branding, brand identity, social media, and Instagram. Instagram, as a platform, enables brands to forge their identity. Successful copywriting is crucial for building emotional connections and strengthening brand identity. The research employs a qualitative methodology with a descriptive qualitative approach. Data collection techniques include in-depth interviews, observation, and documentation. The key informant for this study is the Creative Manager, supported by two additional informants: the Brand Strategic Derosa and the Social Media Specialist. The findings reveal that copywriting demonstrating clarity, relevance, and alignment with audience expectations significantly enhances a brand's image. By applying a communicative and persuasive language style, audience engagement can increase, fostering greater participation and strengthening brand proximity. In conclusion, this research determines that effective, adaptive, and audienceoriented copywriting strategies are primary factors in creating a consistent and recognizable brand identity on digital platforms, particularly Instagram. Keywords: Brand Identity, Copywriting, Instagram, Strategy, Social Media

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Asep Soegiarto, S.IK., M.Si 2. Indah Fajar Rosalina, M.I.Kom
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 28014 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2025 03:50
Last Modified: 28 Jul 2025 03:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56817

Actions (login required)

View Item View Item