SEKAR KINANTI ANGGONO, . (2025) PENGARUH PESAN KAMPANYE #BETTERLIFEWHENWERECYCLE TERHADAP BRAND IMAGE LG INDONESIA (SURVEI PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @lgindonesia). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (795kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan sampah kain di Indonesia menjadikan masyarakat termasuk pelaku usaha semakin sadar akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan. Hal ini membuat praktik bisnis yang berorientasi pada lingkungan semakin relevan. Oleh karena itu, untuk mempertahankan dan dapat bersaing antar perusahaan sejenis, LG Indonesia melakukan strategi komunikasi melalui kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle untuk membangun citra merek (brand image) yang positif agar tetap diingat dan menjadi pilihan khalayak. Tujuan dari penelitian untuk melihat pengaruh pesan kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle terhadap brand image LG Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model. Teori tersebut merupakan teori persuasi yang menjelaskan proses seseorang dalam mengolah pesan serta dampak yang akan ditimbulkan. Pesan kampanye diukur berdasarkan tiga dimensi, yaitu kognitif, afektif, dan konatif sedangkan brand image diukur melalui empat dimensi, yaitu recognition, reputation, affinity, dan domain. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner melalui google form yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan followers Instagram @lgindonesia. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, uji korelasi, dan uji t dengan menggunakan SPSS 29 for windows. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa pesan kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle memiliki pengaruh sebesar 58,3% terhadap brand image LG Indonesia, sementara sisanya 41,7% (100% - 58,3%) variabel brand image dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan dibahas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa pesan kampanye #BetterLifeWhenWeRecycle berpengaruh terhadap brand image LG Indonesia. ***** The issue of textile waste in Indonesia has raised awareness among the public, including business actors, about the importance of maintaining environmental sustainability. This condition makes environmentally oriented business practices increasingly relevant. Therefore, to maintain its position and remain competitive among similar companies, LG Indonesia implements a communication strategy through the #BetterLifeWhenWeRecycle campaign to build a positive brand image so that it remains memorable and becomes the audience’s choice. This study aims to examine the influence of the #BetterLifeWhenWeRecycle campaign message on LG Indonesia’s brand image. This research adopts the Elaboration Likelihood Model, a persuasion theory that explains how individuals process messages and the resulting effects. The campaign message is measured through three dimensions: cognitive, affective, and conative, while brand image is measured through four dimensions: recognition, reputation, affinity, and domain. This research employs a survey method with an explanatory quantitative approach. Data were collected using a questionnaire distributed via Google Forms to 100 respondents who are followers of the Instagram account @lgindonesia. The data analysis techniques used in this study include normality test, linearity test, simple linear regression analysis, coefficient of determination test, correlations test, and t test using SPSS 29 for Windows. The results show that the #BetterLifeWhenWeRecycle campaign message has an influence of 58.3% on LG Indonesia’s brand image, while the remaining 41.7% is influenced by other variables not examined in this study. It can be concluded that the #BetterLifeWhenWeRecycle campaign message influences LG Indonesia’s brand image.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Qoryna Noer Seyma El Farabi, S.l.Kom., M.Si. ; 2). Mentari Anugrah Imsa, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Sekar Kinanti Anggono . |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 06:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 06:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56821 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |