PUTRI INDANA AYUNINGTIAS, . (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KOTA BOGOR DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PUBLIK MENGENAI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (818kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Strategi komunikasi merupakan bagian penting dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai administrasi kependudukan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor merupakan instansi pelayanan publik yang juga bertanggung jawab dalam menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Bogor serta bagaimana sosialisasi yang dilakukan dalam meningkatkan kesadaran publik akan administrasi kependudukan. Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan strategi komunikasi dari Laurie J. Wilson dan Joseph D. Ogden, yang membagi strategi komunikasi ke dalam empat tahapan utama yaitu, riset, rencana aksi, komunikasi, dan evaluasi, dengan masing-masing tahapan memiliki fokus yang berbeda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan strategi komunikasi yang dijalankan oleh Disdukcapil Kota Bogor telah berjalan secara terstruktur. Hal ini dibuktikan melalui pelaksanaan kegiatan sosialisasi yang dilakukan secara langsung maupun melalui media digital, serta adanya upaya adaptasi terhadap penggunaan media komunikasi untuk menciptakan interaksi yang lebih baik antara Disdukcapil dan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi tersebut telah disusun secara adaptif dan melibatkan berbagai pihak. Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemui sejumlah kendala, seperti keterbatasan sebagian masyarakat dalam menggunakan media digital, pandangan negatif terhadap pelayanan pemerintah, serta keterbatasan waktu dari masyarakat yang membatasi keterlibatan mereka untuk secara proaktif tertib administrasi kependudukan. Kata Kunci: Administrasi Kependudukan; Strategi Komunikasi; Sosialisasi. ***** Communication strategy is an essential part of efforts to raise public awareness about civil administration. The Population and Civil Registration Office (Disdukcapil) of Bogor City is a public service agency that also holds the responsibility of delivering information and education to the community. The purpose of this study is to explore the communication strategy implemented by Disdukcapil Bogor City, as well as how their outreach efforts contribute to increasing public awareness regarding population administration. The theoretical foundation of this research is the communication strategy planning theory by Laurie J. Wilson and Joseph D. Ogden, which divides communication strategy into four main stages: research, action plan, communication, and evaluation, each with its own specific focus. This research employs a descriptive qualitative approach, using data collection techniques such as observation, in-depth interviews, documentation, and literature review. The results of this research show that the stages of the communication strategy implemented by the Disdukcapil of Bogor City have been carried out in a structured manner. This is evidenced by the implementation of socialization activities conducted both directly and through digital media, as well as efforts to adapt the use of communication media to create better interactions between Disdukcapil and the community. The conclusion of this research is that the communication strategy has been developed adaptively and involves various parties. However, in its implementation, several obstacles were still encountered, such as the limited ability of some community members to use digital media, negative perceptions of government services, and the time constraints of the community that limit their proactive involvement in maintaining population administration. Keywords: Communication Strategy; Population Administration; Sosialization,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Muria Putriana, S.AP., M.Pd. ; 2). Indah Fajar Rosalina, M.I.Kom. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital |
Depositing User: | Users 28038 not found. |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 06:20 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 06:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |