PENGARUH KAMPANYE DIGITAL TANGGAL KEMBAR SHOPEE TERHADAP BRAND PREFERENCE MARKETPLACE PADA GENERASI Z

ANGGARA PRAMANA PUTRA, . (2025) PENGARUH KAMPANYE DIGITAL TANGGAL KEMBAR SHOPEE TERHADAP BRAND PREFERENCE MARKETPLACE PADA GENERASI Z. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adanya perubahan perilaku masyarakat dalam transaksi jual beli akibat teknologi, menghadirkan marketplace sebagai wadah dalam melakukan transaksi ini. Shopee sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama sebagai marketplace pilihan Generasi Z, menghadirkan kampanye digital seperti kampanye tanggal kembar dengan berbagai program menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dan seberapa besar pengaruh dari kampanye tanggal kembar Shopee terhadap Brand preference marketplace pada Generasi Z. Untuk mengukur kampanye digital, dimensi yang digunakan dari teori Brian Solis adalah exposure, engagement, influence dan action. Untuk mengukur Brand preference, teori dari wardhana dengan dimensi kognitif, afektif dan konatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan dengan survei yang dilakukan pada 100 responden yang berasal dari Generasi Z pengguna Shopee dan pernah mengikuti program kampanye tanggal kembar Shopee. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi linier sederhana untuk menguji hubungan dan pengaruh antara kampanye digital sebagai variabel X dan Brand preference sebagai variabel Y. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikan dan kuat dari kampanye digital terhadap Brand preference sebesar 42,6% dan 57,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Semakin tinggi intensitas kampanye digital tanggal kembar Shopee, semakin tinggi pula tingkat Brand preference marketplace pada Generasi Z. Temuan ni mengindikasikan bahwa kampanye digital dalam konteks penelitian ini adalah tanggal kembar Shopee dapat memperngaruhi Brand preference. **** Technological advances have changed consumer behavior in buying and selling transactions, giving rise to the marketplace as a platform for conducting such transactions. Shopee, as one of the largest marketplaces in Indonesia, has secured the top position as the preferred marketplace among Generation Z by launching digital campaigns such as the “Double Date Campaign” with a variety of attractive programs. The purpose of this study is to examine whether and to what extent Shopee’s Double Date Campaign influences Brand preference in the marketplace among Generation Z. To measure digital campaigns, this research adopts Brian Solis’ framework which includes four dimensions: exposure, engagement, influence, and action. Meanwhile, Brand preference is measured using Wardhana’s theory with cognitive, affective, and conative dimensions. The research method used is quantitative with a survey approach, involving 100 respondents from Generation Z who are Shopee users and have participated in the Double Date Campaign. The data analysis techniques used are correlation and simple linear regression analysis to examine the relationship and influence between digital campaigns (variable X) and Brand preference (variable Y). The results show a strong and significant positive influence of digital campaigns on Brand preference, with a contribution of 42.6%, while the remaining 57.4% is influenced by other factors. The higher the intensity of Shopee's Double Date digital campaign, the higher the Brand preference level among Generation Z consumers. These findings indicate that digital campaigns, particularly Shopee’s Double Date Campaign, can influence Brand preference.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mentari Anugrah Imsa, M.Si. ; 2). Qoryna Noer Seyma El Farabi, S.I.Kom., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 28111 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:30
Last Modified: 28 Jul 2025 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56840

Actions (login required)

View Item View Item