MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE PADA SISWA KELAS V SDN CIPINANG 01

DIANI PUTRI UTAMI, . (2025) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, SHARE PADA SISWA KELAS V SDN CIPINANG 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan utama dari proses pendidikan. Untuk itu, kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran matematika perlu dimiliki dan dikuasai oleh setiap siswa agar kemampuan ini dapat diterapkan dan bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Maka, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam penalaran, komunikasi, dan koneksi agar siswa mampu memecahkan masalah matematis yang dapat diterapkan di kehidupannya sehari-hari, seperti model pembelajaran Search, Solve, Create, Share (SSCS). Untuk itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran search, solve, create, share pada siswa kelas V SDN Cipinang 01. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Cipinang 01, kemudian analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran SSCS di kelas V SDN Cipinang 01 mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. ***** Problem solving ability is one of the main objectives of the educational process. For this reason, problem solving skills in the mathematics learning process need to be owned and mastered by every student so that this ability can be applied and useful in everyday life. So, a learning model that can facilitate students in reasoning, communication, and connection is needed so that students can solve mathematical problems that can be applied in their daily lives, such as the Search, Solve, Create, Share (SSCS) learning model. For this reason, this study was conducted with the aim of improving mathematical problem solving skills through the search, solve, create, share learning model for fifth grade students of SDN Cipinang 01. This research design is a Kemmis and Taggart model of classroom action research consisting of planning, action, observation, and reflection in two cycles. Data collection techniques using observation and tests, with the research subjects of fifth grade students of SDN Cipinang 01, then the data analysis used is data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the mathematical problem solving ability of students applied with the SSCS learning model in class V SDN Cipinang 01 has increased in each cycle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Chrisnaji Banindra Yudha, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Diani Putri Utami .
Date Deposited: 30 Jul 2025 01:26
Last Modified: 30 Jul 2025 02:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56900

Actions (login required)

View Item View Item