MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

LAILA NURAINI FITRI, . (2025) MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS STEM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital interaktif berbasis STEM dengan memanfaatkan platform Canva dan Heyzine Flipbooks sebagai media bantu. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan konsep pembelajaran berbasis STEM, khususnya dalam materi energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 59 Jakarta semester genap tahun 2025. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan, dengan penilaian dari ahli media sebesar 89% (sangat layak), ahli materi 86% (sangat layak), dan ahli pembelajaran 96% (sangat layak). Hasil uji coba produk juga menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi, yaitu 96% (sangat layak) dari guru dan 85% (sangat layak) dari peserta didik. Dengan demikian modul digital interaktif berbasis STEM pada materi energi terbarukan layak digunakan sebagai bahan ajar fisika di SMA. ***** This study aims to develop an interactive digital module based on STEM by utilizing the Canva and Heyzine Flipbooks platforms as supporting media. The benefits of this study are to contribute to the development of STEM-based learning concepts, especially in renewable energy materials. This research was conducted at SMA Negeri 59 Jakarta in the even semester of 2025. This research method used Research and Development (R&D) with the ADDIE development model (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). The results of this study indicate that the developed product is declared very feasible to use, with an assessment from media experts of 89% (very feasible), material experts 86% (very feasible), and learning experts 96% (very feasible). The results of the product trial also showed a high level of feasibility, namely 96% (very feasible) from teachers and 85% (very feasible) from students. Thus, the interactive digital module based on STEM on renewable energy materials is feasible to use as physics teaching materials in high school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Vina Serevina, M.M. ; 2). Ely Rismawati, S.Pd, M.Pfis.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 28201 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:46
Last Modified: 30 Jul 2025 02:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56958

Actions (login required)

View Item View Item