MAULIDA AZZRA PERMATASARI, . (2025) PENGARUH MODEL READING, MIND MAPPING, AND SHARING DENGAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan seseorang untuk menganalisis dan mengevaluasi secara logis dengan menggunakan data yang relevan serta mempertimbangkan berbagai sudut pandang dalam menghadapi suatu permasalahan. Model Reading, Mind mapping, and Sharing (RMS) dengan metode brainstorming merupakan model pembelajaran mandiri dan kolaboratif yang dapat digunakan untuk meningkatkan indikator interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi, dan pengaturan diri dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model RMS dengan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Sampel penelitian ini berjumlah 32 peserta didik pada masing-masing kelas yang diperoleh secara simple random sampling. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T Test pada data gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model reading, mind mapping, and sharing dengan metode brainstorming dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Model RMS dengan metode Brainstorming meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dengan mendorong mereka untuk menganalisis informasi, mengeksplorasi berbagai sudut pandang, dan berkolaborasi dalam mencari solusi. ***** Critical thinking skills refer to an individual’s ability to analyze and evaluate logically using relevant data while considering various perspectives in addressing a problem. The Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) model with the brainstorming method is a self-directed and collaborative learning model that can enhance the indicators of interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, and self-regulation among students. This study aims to analyze the impact of implementing the RMS model with the brainstorming method on the critical thinking skills of high school students. The sample consisted of 32 students from each class, selected through simple random sampling. The data analysis of the research was conducted using the Independent Sample T-Test on the gain score data. The results show that reading, mind mapping, and sharing model with brainstorming method can influence students’ critical thinking skills. RMS model with brainstorming method enhances student engagement by encouraging them to analyze information, explore various perspectives, and collaborate in finding solutions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si. ; 2). Prof.Dr. Ratna Komala, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Maulida Azzra Permatasari . |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:52 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |