STRATEGI COMPLEXITY LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL (STUDI MIXED METHOD PADA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PENGGERAK DI DKI JAKARTA)

ANIM PURWANTO, . (2025) STRATEGI COMPLEXITY LEADERSHIP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DIGITAL (STUDI MIXED METHOD PADA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PENGGERAK DI DKI JAKARTA). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (257kB)
[img] Text
9. Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menuntut guru untuk cakap dalam bidang digital. Peran kepemimpinan komplesitas kepala sekolah menjadi penting untuk memengaruhi mereka dalam menguasai digital tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh complexity leadership terhadap kompetensi digital guru serta menelaah secara kritis kepemimpinan administratif, kepemimpinan adaptif, dan kepemimpinan bersama dalam meningkatkan kompetensi digital tersebut. Metode campuran dengan desain eksplanatori digunakan untuk memperoleh hasil yang komprehensif. Survei dilakukan terhadap 291 guru untuk memperoleh data kuantitatif sedangkan wawancara mendalam digunakan untuk memperoleh data kualitatif. Pertama, hasil penelitian menunjukkan bahwa complexity leadership memiliki pengaruh positif terhadap kompetensi digital guru sebesar 79,7%. Semakin besar peningkatan yang terjadi pada complexity leadership yang meliputi aspek kepemimpinan administratif, kepemimpinan adaptif, dan kepemimpinan bersama maka akan berdampak kepada meningkatnya kompetensi digital guru. Kedua, kepemimpinan administratif memiliki nilai efek f square sebesar 0,114 dengan kategori sedang. Kontribusi kepemimpinan administratif cukup penting dalam menjelaskan variabel kompetensi digital guru dengan merumuskan kebijakan, menyusun tugas, perencanaan dan membangun visi. Ketiga, nilai efek f-square kepemimpinan adaptif terhadap kompetensi digital guru sebesar 0,105, yang termasuk dalam kategori sedang. Hal ini mengindikasikan bahwa kepemimpinan adaptif kepala sekolah memberikan kontribusi yang cukup berarti terhadap kompetensi digital guru dengan mengedepankan kerja sama, kolaborasi, membangun ide-ide baru, membangun kepercayaan dan pemberian ruang untuk pengembangan guru. Keempat, nilai efek f-square dari kepemimpinan bersama terhadap kompetensi digital guru sebesar 0,077, yang termasuk dalam kategori kecil. Besarnya kontribusi kepemimpinan tersebut masih terbatas atau tidak dominan namun dapat diperkuat dengan tindakan terkoordinasi, hubungan kerja yang baik, solusi terhadap masalah, dan pengambilan keputusan yang tepat. Temuan ini memberikan pengalaman dan wawasan baru tentang implementasi teori complexity leadership kepala sekolah dan kompetensi digital guru dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan implikasinya terhadap pencapaian tujuan pendidikan. ************ Rapid technological developments require teachers to be proficient in the digital field. The role of the principal's complexity leadership is important to influence them in mastering the digital. This study aims to analyze the effect of complexity leadership on teachers' digital competence and to critically examine administrative leadership, adaptive leadership, and shared leadership in improving digital competence. A mixed method with an explanatory design was used to obtain comprehensive results. A survey was conducted on 291 teachers to obtain quantitative data while in-depth interviews were used to obtain qualitative data. First, the results of the study show that complexity leadership has a positive effect on teachers' digital competence by 79.7%. The greater the increase in complexity leadership which includes aspects of administrative leadership, adaptive leadership, and shared leadership, the more it will have an impact on increasing teachers' digital competence. Second, administrative leadership has an f-square effect value of 0.114 with a moderate category. The contribution of administrative leadership is quite important in explaining the variable of teachers' digital competence by formulating policies, compiling tasks, planning and building a vision. Third, the f-square effect value of adaptive leadership on teachers' digital competence is 0.105, which is included in the moderate category. This indicates that the adaptive leadership of the principal makes a significant contribution to the digital competence of teachers by prioritizing cooperation, collaboration, building new ideas, building trust and providing space for teacher development. Fourth, the value of the f-square effect of shared leadership on the digital competence of teachers is 0.077, which is included in the small category. The magnitude of the contribution of this leadership is still limited or not dominant but can be strengthened by coordinated actions, good working relationships, solutions to problems, and appropriate decision making. These findings provide new experiences and insights into the implementation of the complexity leadership theory of principals and digital competence of teachers in the development of science and its implications for achieving educational goals.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Eliana Sari, M.M. ; 2). Prof.Dr. Bedjo Sujanto, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Anim Purwanto .
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:58
Last Modified: 31 Jul 2025 07:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57010

Actions (login required)

View Item View Item