PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KELURAHAN TUGU UTARA JAKARTA UTARA

SITI MAYSAROH, . (2025) PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KELURAHAN TUGU UTARA JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
File Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian metode pictorial riddle terhadap keterampilan kolaborasi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri se-Kelurahan Tugu Utara Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan design posttest only control group design dan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di SDN se-Kelurahan Tugu Utara Jakarta Utara. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C di SDN Tugu Utara 22 sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner keterampilan kolaborasi. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik yang melibatkan uji normalitas liliefors, uji homogenitas fisher, dan uji hipotesis berupa uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan metode pictorial riddle terhadap keterampilan kolaborasi siswa dengan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung (2,028) > t tabel (1,999), maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya rata-rata skor tes siswa pada kelas eksperimen tidak sama dengan rata-rata skor tes siswa pada kelas kontrol. Penerapan metode pictorial riddle pada proses pembelajaran merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan siswa dalam bekerja sama dan bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan, dan kemampuan siswa dalam berinisiatif untuk berinteraksi dengan teman kelompok sehingga hal ini menciptakan pembelajaran yang bermakna. ***** This study aims to determine whether there is an effect of pictorial riddle method on collaboration skills of fourth grade students of Public Elementary School in Tugu Utara Sub-district, North Jakarta. The method used in this research is a pseudo-experimental method with posttest only control group design and sampling using cluster random sampling technique. The study population was grade IV srydents at SDN in the Tugu Utara sub-district of North Jakarta. The samples in this study were grade IV B and IV C students at SDN Tugu Utara 22 as many as 64 students. The data collection technique used a collaboration skills questionnaire instrument. The data analysis technique used statistical techniques involving the liliefors normality test, fisher homogeneity test, and hypothesis testing in the form of a t-test. The results showed that there was a significant effect of the application of the Pictorial Riddle method on students' collaboration skills with the results of the t-test obtained t count (2.028) > t table (1.999), it can be concluded that H1 is accepted and H0 is rejected, which means that the average remaining test score in the experimental class is not the same as the average student test score in the control class. The application of the pictorial riddle method in the learning process is an effective solution to increase student participation in group discussions, students' ability to work together and be responsible for the tasks assigned, and students' ability to take the initiative to interact with group friends so that this creates meaningful learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Siti Maysaroh .
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:40
Last Modified: 31 Jul 2025 02:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57012

Actions (login required)

View Item View Item