AHMAD FERI SUPRIANTO, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ENERGI BARU TERBARUKAN (STUDI PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNJ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan modul pembelajaran sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Energi Baru Terbarukan pada prodi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (RnD) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Untuk mendapatkan nilai kelayakan, dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji penilaian produk oleh peserta didik melalui uji one to one dan uji field test menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian menunjukkan bahwa Modul Pembelajaran yang divalidasi oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata kevalidan tiap aspek sebesar 0,83 dengan kriteria “Sangat Valid” dan penilaian validasi oleh ahli media menggunakan formula Aiken memperoleh nilai rata-rata kevalidan sebesar 0,81 dengan kriteria “Sangat Valid”. Uji coba one to one dengan menggunakan 5 mahasiswa memperoleh nilai 92,5% dengan kategori “Sangat Baik” dan uji coba field test pada 33 peserta didik dengan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) memperoleh hasil 2,268 pada aspek daya tarik, 2,114 pada aspek kejelasan, 2,189 pada aspek efisiensi, 2,280 pada aspek ketepatan, 2,394 pada aspek stimulasi dan 1,924 pada aspek kebaruan, dengan kategori “Sangat Baik” untuk semua aspek. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba one to one serta uji coba field test pada mahasiswa, modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. ***** This study aims to develop and analyze the feasibility of a learning module as an instructional medium for the Renewable Energy course in the Electrical Engineering Education Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta. The research employed a Research and Development (R&D) method using the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). To assess feasibility, validation was carried out by material experts and media experts, as well as product evaluation by students through one-to-one testing and field testing using the User Experience Questionnaire (UEQ).The results showed that the learning module validated by the material expert using the Aiken's V formula obtained an average validity score of 0.83, categorized as "Very Valid.". Validation by the media expert using the Aiken's V formula yielded an average score of 0.81, also categorized as "Very Valid.". The one-to-one trial involving 5 students resulted in a score of 92.5%, which is in the "Very Good" category. The field test with 33 students using the UEQ produced the following results: attractiveness 2.268, perspicuity 2.114, efficiency 2.189, dependability 2.280, stimulation 2.394, and novelty 1.924 — all of which fall under the "Very Good" category. Based on the validation results and student trials, the developed learning module is considered feasible and appropriate for use as a learning medium.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Readysal Monantun M.Pd. ; 2). Dr. Aris Sunawar S.Pd. M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 28365 not found. |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 02:51 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 02:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |