PENGARUH KONTEN REELS EDUKASI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PUBLIK (SURVEI EKSPLANATIF PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @BPS_STATISTICS)

FAIRUZ JULIETA SETYA PUTRI, . (2025) PENGARUH KONTEN REELS EDUKASI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PUBLIK (SURVEI EKSPLANATIF PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @BPS_STATISTICS). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (985kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial saat ini merupakan yang paling diminati untuk mencari informasi, khususnya pada platform Instagram. Platform ini menyediakan berbagai jenis konten untuk melakukan interaksi dengan pengguna lain melalui komentar dari berbagai pengguna akun. Hal tersebut memungkinkan munculnya sentimen pada berbagai konten. Konten yang menyajikan informasi yang tidak relevan dengan publik, dapat memicu sentimen negatif dari berbagai pengguna akun. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten reels edukasi terhadap tingkat kepercayaan publik di Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada followers pada akun Instagram @bps_statistics dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi dan regresi linear sederhana untuk menguji hubungan dan pengaruh antara konten reels edukasi dan kepercayaan publik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan yang positif dan kuat antara konten reels edukasi terhadap tingkat kepercayaan publik di Instagram. Konten reels edukasi berpengaruh sebesar 50,3% dan sisanya sebesar 49,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Penyampaian informasi yang relevan, masuk akal, serta disampaikan secara jujur dapat membantu meningkatkan kepercayaan publik di Instagram. Hal ini juga didukung dengan kemampuan dan integritas yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik RI dalam menjelaskan data pada bidang statistik. Penelitian ini menunjukkan bahwa penyampaian pesan yang tepat dapat membantu sebuah lembaga dalam membangun dan menaikkan kepercayaan publik yang dimilikinya. Dengan adanya strategi yang tepat dalam perencanaan, pemilihan, dan pengelolaan media sosial, sebuah lembaga dapat menyampaikan pesan dengan baik sehingga bisa diterima dan dipahami oleh audiens. Temuan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi lembaga atau perusahaan lain dalam membuat konten edukasi berbentuk video sebagai strategi dalam membangun kepercayaan audiens nya di media sosial Instagram. /***** Social media is currently the most popular for finding information, especially on the Instagram platform. This platform provides various types of content to interact with other users through comments from various account users. This allows sentiment to emerge on various content. Content that presents information that is not relevant to the public can trigger negative sentiment from various account users. This study was conducted with the aim of determining how much influence educational reels content has on the level of public trust on Instagram. This study uses an explanatory quantitative approach with a survey method by distributing questionnaires to followers on the Instagram account @bps_statistics with a sample of 100 respondents. The analysis techniques used are correlation analysis and simple linear regression to test the relationship and influence between educational reels content and public trust. The results of this study indicate that there is a significant positive and strong influence between educational reels content on the level of public trust on Instagram. Educational reels content has an influence of 50.3% and the remaining 49.7% is influenced by other factors. Delivering relevant, reasonable, and honest information can help increase public trust on Instagram. This is also supported by the ability and integrity of the Indonesian Central Statistics Agency in explaining data in the field of statistics. This study shows that delivering the right message can help an institution build and increase the public trust it has. With the right strategy in planning, selecting, and managing social media, an institution can deliver a message well so that it can be accepted and understood by the audience. The findings of this study can be a reference for other institutions or companies in creating educational content in the form of videos as a strategy in building the trust of their audience on Instagram social media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdul Kholik, M.I.Kom. 2). Indah Fajar Rosalina, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Fairuz Julieta Setya Putri .
Date Deposited: 31 Jul 2025 04:25
Last Modified: 31 Jul 2025 07:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57051

Actions (login required)

View Item View Item