EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERPASANGAN DAN BOLA DIUMPAN TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 171 JAKARTA

Wahyu Hidayat, . (2014) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERPASANGAN DAN BOLA DIUMPAN TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 171 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran menggunakan pendekatan berpasangan dan bola diumpan terhadap keterampilan pukulan forehand drive tenis meja pada siswa ekstrakurikuler SMP 171 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 171 Jakarta, dengan jumlah pertemuan 6 kali. Metode yang digunakan adalah metode Eksperimen, dengan jumlah sampel 24 siswa dari 30 populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara Sampel Random Sampling dan diperoleh 24 sampel. Sampel ditetapkan dari seluruh populasi siswa ekstrakurikuler tenis meja smpn 171 jakarta Teknik Analisis data yang digunakan adalah statistik uji-t untuk dibandingkan dengan nilai tabel pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengolahan analisis data adalah sebagai berikut: Pada kelompok pendekatan berpasangan memperoleh nilai rata-rata 11, standar deviasi dari difference 3,43, nilai standar error dari mean difference 1,03 dan nilai t hitung 10,67 dan kelompok pendekatan bola diumpan memperoleh nilai rata-rata 6, standar deviasi dari difference 5,83, nilai standar error dari mean diffrence 0,37 dan nilai t hitung 3,40. Hasil data untuk membandingkan tes akhir antara kelompok pendekatan berpasangan dan pendekatan Bola Diumpan. Kelompok pendekatan Berpasangan memperoleh hasil nilai standar deviasi 4,04 dan nilai standar error perbedaan mean 1,22 sedangkan pendekatan bola diumpan nilai standar deviasi 2,21 dan nilai standar error perbedaan mean sebesar 0,66, t hitung 3,75 dan nilai t tabel derajat kebebasan (dk) = (12+12)+-2 = 22 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,07, jadi t hitung > t tabel. Berdasarkan hipotesis statistik maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara pendekatan berpasangan dan pendekatan bola diumpan sehingga pendekatan berpasangan lebih efektif dari pada pendekatan bola diumpan terhadap keterampilan pukulan forehand drive tenis meja pada siswa ekstrakurikuler SMPN 171 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Johansyah Lubis M.Pd. ; 2). Del Asri.S.Si.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 24 Oct 2019 12:35
Last Modified: 24 Oct 2019 12:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item