SIDQI ALFAREZ, - (2025) PENGARUH PERMAINAN TEMPLE MONOPOLY (TEMON) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SEJARAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 4 BEKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mencoba untuk melakukan eksperimen dengan permainan Temple Monopoly (TEMON) terhadap pembelajaran sejarah. Upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran di abad ke-21 menjadi tantangan bagi sekolah dan guru untuk memfasilitasi belajar di kelas. Masalah umum di Indonesia yang terjadi, terutama dalam pembelajaran Sejarah, adalah masih satu arah (teacher center) atau model pendidikan konvensional, sehingga kelas tidak interaktif, siswa tidak mandiri dan berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik. Metode yang digunakan adalah Pre-Experiment Design dengan pendekatan kuantitatif dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelas 10 SMAN 4 Bekasi. Jenis Pra-Eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Static Group Comparison Study. Hipotesis penelitian berdasarkan analisis data menemukan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Penemuan eksperimen menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir historis dan kemandirian belajar di kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan rata- rata kelas kontrol. Kesimpulannya, hasil uji-T menunjukkan bahwa hasilnya adalah 4.750 > 1.990 yang TEMON berdampak pada kemampuan berpikir sejarah, kemudian kemandirian belajar dari peserta didik menunjukkan hasil T-Test adalah 1.970 > 1.664 di SMA Negeri 4 Bekasi. Sama halnya dengan TEMON berdampak pada kemandirian belajar. Gamifikasi dengan TEMON ini juga memiliki kaitannya dengan deep learning, Dimana menekankan pada aspek mindful learning, meaningful learning dan joyful learning. Kata Kunci: Game Based Learning, Temple Monopoly (TEMON), kemampuan berpikir sejarah dan kemandirian belajar / ***** The objective of research trying to experiment with Temple Monopoly (TEMON) games on history learning. Efforts to enhanced learning goals in 21 century which become challenge for school and teacher to facilitate learning at the class. Common issue at Indonesia occurs especially in history learning are using one-way direct teaching (teacher center) or convensional education model, therefore the class not interactive, the students were’nt independen, and impact for the students’s result. The method is using Pre-Experiment Design with quantitative approach in experiment groups and control groups at grade 10 SMAN 4 Bekasi. The type of experiment that using in this research is static group comparison study. Furthermore, hipoteses of research finding based analysis of data that alternative hipoteses was accepted and zero hipoteses was declined. The experimental findings showed that the average historical thinking ability and learning independence in the experimental class differed significantly from the average of the control class. In conclusion, the results of the T-test showed that the results were 4,750 > 1,990 which TEMON had an impact on historical thinking skills, then the learning independence of the students showed that the results of the T-Test were 1,970 > 1,664 at SMA Negeri 4 Bekasi. Similarly, TEMON has an impact on learning independence. Gamification with TEMON is connecting for deep learning that was focussing on mindful learning, meaningful learning and joyful learning Keywords: Game Based Learning, Temple Monopoly (TEMON), Historical Thinking Skills and Learning Independence
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. M. Fakhruddin, M. Si. ; 2). Dr. Kurniawati, M. Si. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIS > S2 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Sidqi Alfarez . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:47 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |