PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE MATERNAL REFLEKTIF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IX DI SMPLB B PANGUDI LUHUR

ANNISA ZACKYAH HIDAYAT, . (2020) PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE MATERNAL REFLEKTIF PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IX DI SMPLB B PANGUDI LUHUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (188kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (979kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (905kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (353kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI .pdf

Download (424kB)
[img] Text
8. BAB I .pdf

Download (288kB)
[img] Text
9. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai strategi pembelajaran bahasa Inggris menggunakan Metode Maternal Reflektif bagi peserta didik tunarungu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara, dokumen dan analisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris menggunakan MMR pada tunarungu terdapat tiga tahapan yaitu perdati, percami dan percali. Pada saat perdati siswa bercakap menggunakan bahasa Indonesia kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Inggris per kalimat pada saat percami siswa di biasakan untuk mencari terjemahan kosa kata baru bahasa Inggris pada kamus secara mandiri, guru mengajarkan cara membaca sebuah kalimat bahasa Inggris dengan cara menuliskan huruf latin di sebelah kalimat bahasa Inggris agar memudahkan siswa untuk membaca kalimat secara benar dan melakukan latihan reflektif pada percali di setiap pertemuan untuk mengetahui sejauh mana informasi yang di dapat siswa di setiap pertemuan, strategi yang digunakan dalam pembelajaran part of speech adalah strategi inkuiri dan ekspositori. Keberhasilan sebuah pembelajaran didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang memfasilitasi kegiatan belajar siswa serta terjalinnya komunikasi yang baik anatara siswa, guru dan wali murid yang menjadi salah satu faktor pendukung, sedangkan faktor penghambat yang terjadi pada proses pembelajaran adalah kurangnya tenaga pendidik pembelajaran bahasa Inggris yang membuat jam pembelajaran menjadi sedikit. The research was aimed to explore information about English learning strategies using the Reflective Maternal Method for deaf students. The method used isqualitative descriptive with data collection including technique of observation, interview, documentation and analyzed by using the model of Miles and Huberman. The collection data then were analyzed by using reduction data, presentation data, and conclusion drawing of verification. The results showed that the study of English using the MMR in the deaf students there are three phases: Perdati, percami and the percali. At the time of the student talk using Bahasa then translated into English in every sentence, at the time of students in the habit of searching for translations of new vocabulary English in the dictionary independently, teachers teaches how to read an English sentence by writing a Latin letter next to an English sentence in order to make it easier for students to read sentences correctly and to perform reflective exercises on the conversation at each meeting to knowing the extent of the information students have in each meeting, the strategies used in learning part of speech were inquiry and expository strategies. The success of a learning is supported by the facilities and infrastructure that facilitate student learning activities and good communication between students, teachers and student guardians which is one of the supporting factors, while the inhibiting factor that occurs in the learning process is the lack of English language teaching staff who make learning hours are few.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Totok Bintoro, M. Pd. ; 2). Dr. Wuryani, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 498 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 14:12
Last Modified: 16 Apr 2020 14:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item View Item