MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) PADA KELAS IV SDN KENARI 08 PAGI

RACHEL FEBRIYANTI, . (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) PADA KELAS IV SDN KENARI 08 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II (Landasan Teori).pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (Metodologi Penelitian).pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV ( Hasil Penelitian).pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (Kesimpulan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi operasi hitung bilangan pembagian di kelas IV-A SDN Kenari 08 Pagi, Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 32 siswa, terdiri atas 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Pendekatan PMRI dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan yang mengaitkan konsep matematika dengan konteks kehidupan sehari-hari siswa, sehingga mendorong partisipasi aktif, pemikiran kritis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PMRI mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, baik pada aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 22% pada pra siklus menjadi 40.7% pada akhir siklus I, dan mencapai 84.3% pada akhir siklus II. Dengan demikian, pendekatan PMRI terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa sekolah dasar, khususnya pada materi pembagian. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan PMRI secara lebih luas dalam pembelajaran Matematika untuk menciptakan proses pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan menyenangkan bagi siswa. ***** This study aims to improve students’ mathematics learning outcomes through the application of the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach on the topic of division operations in Class IV-A of SDN Kenari 08 Pagi, Central Jakarta. The research employed a Classroom Action Research (CAR) method using the Kemmis and McTaggart model, which consists of two cycles, each comprising two meetings. The subjects were 32 students, consisting of 17 boys and 15 girls. Data collection techniques included observation, learning outcome tests, and documentation. The PMRI approach was implemented through a series of activities connecting mathematical concepts with students’ real-life contexts, encouraging active participation, critical thinking, and reflection. The results showed that the implementation of PMRI significantly improved students’ learning outcomes across cognitive, affective, and psychomotor domains. The percentage of mastery learning increased from 22% in the pre-cycle to 40.7% at the end of Cycle I, and reached 84.3% by the end of Cycle II. Therefore, the PMRI approach proved effective in enhancing primary school students’ mathematics learning outcomes, particularly in division topics. This study recommends the broader application of the PMRI approach in mathematics teaching to create more meaningful, contextual, and enjoyable learning experiences for students./

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang M. Kurnianti., M. Ed ; 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rachel Febriyanti .
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:08
Last Modified: 01 Aug 2025 03:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57198

Actions (login required)

View Item View Item