PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA JARINGAN TUMBUHAN

SAVIRA NADA ZAHRA, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA JARINGAN TUMBUHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu prioritas utama pendidikan saat ini adalah mendorong kemampuan analitis serta pemecahan masalah, yang dapat dicapai melalui peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Jaringan tumbuhan sering kali dipandang sebagai materi biologi yang sulit dipelajari, sehingga memerlukan penguasaan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu cara yang diyakini efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta pada materi jaringan tumbuhan. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 hingga Mei 2025 dengan menggunakan metode kuasi eksperimen jenis untreated control group design with pretest and posttest. Sampel penelitian dipilih secara simple random sampling. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji F. Pengujian hipotesis statistika dengan uji Independent Sample t-Test menggunakan nilai gain score, diperoleh hasil 0,323 > 0,05 (terima H0). Dapat disimpulkan bahwa model learning cycle 7E belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI SMA pada materi jaringan tumbuhan. Kata kunci. jaringan tumbuhan, keterampilan berpikir tingkat tinggi, learning cycle 7E ***** One of the main priorities of education today is to encourage analytical and problem-solving abilities, which can be achieved through improving students’ higher-order thinking skills. Plant tissue is often seen as a difficult biology material to learn, thus requiring higher-order thinking skills. One way that is believed to be effective in improving higher-order thinking skills is by implementing the 7E learning cycle model. This study aims to determine the effect of the 7E learning cycle model on the higher-order thinking skills of grade XI students at SMA Negeri 59 Jakarta on plant tissue material. The study was conducted from October 2024 to May 2025 using a quasi-experimental method with an untreated control group design with a pretest and posttest. The research sample was selected using simple random sampling. The prerequisite tests used were the normality test with Kolmogorov-Smirnov test and the F-test for homogeneity. Statistical hypothesis testing using the Independent Sample t-Test using the gain score value, obtained a result of 0.323 > 0.05 (accepting H0). It can be concluded that the 7E learning cycle model has not had a significant impact on the higher-order thinking skills of grade XI high school students on plant tissue material. Keywords. high order thinking skills, 7E learning cycle, plant tissues

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, S.Pd., M.Pd. 2). Nailul Rahmi Aulya, S.Si., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Botani
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Savira Nada Zahra .
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:02
Last Modified: 01 Aug 2025 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57270

Actions (login required)

View Item View Item