DUROTUN NASIHAH, . (2025) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC STRESS DENGAN MASTERY MOTIVATION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Durotun Nasihah_Cover s.d Daftar Isi.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
Durotun Nasihah_BAB 1.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
Durotun Nasihah_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Durotun Nasihah_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Durotun Nasihah_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Durotun Nasihah_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Durotun Nasihah_Daftar Pustaka.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
Durotun Nasihah_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa banyak dihadapkan pada berbagai macam permasalahan terkait akademik dengan adanya permasalahan, seperti keterbatasan informasi mengenai peluang karir, tekanan belajar yang tinggi, beban tugas yang berat, serta ekspektasi yang tinggi dari lingkungan sekitar, menjadi hambatan bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan pendidikannya. Tuntutan akademik yang semakin tinggi pada tingkat akhir menjadikan mahasiswa memiliki mastery motivation yang tinggi saat proses pembelajaran. Mastery motivation adalah dorongan psikologis yang membuat individu berusaha lebih mandiri, fokus, dan gigih untuk menguasai keterampilan serta menyelesaikan tugas kuliah yang menantang bagi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic stress dengan mastery motivation. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian dilakukan dari bulan November 2024 sampai dengan Juli 2025. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan responden 137 mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan uji korelasi rank spearman menunjukkan bahwa hubungan antara stress akademik dengan mastery motivation tidak terdapat hubungan yang nyata (r= 0,01, sig= 0,329). Hal ini disebabkan oleh adanya faktor-faktor lain yang memiliki hubungan dengan academic stress seperti kesehatan mental, kecerdasan emosional, motivasi akademik dan minat dalam pembelajaran. Penelitian ini menemukan beberapa keterbatasan faktor yang diteliti sehingga disarankan penelitian selanjutnya mengkaji faktor-faktor lain yang berperan dalam meningkatkan mastery motivation mahasiswa. ***** Students are often faced with various academic-related problems, such as limited information about career opportunities, high study pressure, heavy workloads, and high expectations from the surrounding environment, which become obstacles for students to achieve their educational goals. Increasing academic demands at the final level make students have high mastery motivation during the learning process. Mastery motivation is a psychological drive that makes individuals strive to be more independent, focused, and persistent in mastering skills and completing challenging college assignments for themselves. This study aims to determine the relationship between academic stress and mastery motivation. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The study was conducted from November 2024 to July 2025. The data collection technique was a questionnaire with 137 students as respondents at the State University of Jakarta. Based on the results of the study conducted with the Spearman rank correlation test, it showed that there was no significant relationship between academic stress and mastery motivation (r = 0.01, sig = 0.329). This is caused by the presence of other factors that have a relationship with academic stress such as mental health, emotional intelligence, academic motivation and interest in learning. This study found several limitations to the factors studied, so it is recommended that further research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Maya Oktaviani, M.Pd. ; 2). Hurriyyatun Kabbarro, M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Durotun Nasihah . |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 06:42 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 06:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |