FLORENTINA HERAWATI, . (2025) PENGARUH GAME ONLINE ROBLOX TERHADAP PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V DI SDS HARAPAN BUNDA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVESITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 BAB 1.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
Skripsi Florentina_1107618017 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat, banyak siswa sekolah dasar yang mengakses game online. Dampak positif yang timbul dengan adanya penggunaan game online ini salah satunya dapat dilihat dari penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh game online Roblox terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD. Metode yang digunakan adalah kuantitatif kausal-komparatif dengan desain Ex Post Facto. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V SD Harapan Bunda Tangerang yang bermain Roblox, dipilih melalui Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes kosakata Bahasa Inggris. Untuk menguji hipotesis, dilakukan uji Mann-Whitney dengan hasil nilai U1 = 28.5 dan p-value 0.0163. Karena p-value (0.0163) < taraf signifikansi (0.05), hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh Roblox terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris ditolak. Hasil tes menunjukkan bahwa 80% siswa yang tidak bermain Roblox memperoleh nilai di bawah rata-rata, sementara hanya 34% siswa yang bermain Roblox yang mendapat nilai serupa. Penelitian ini memberikan bukti bahwa aktivitas bermain Roblox dapat berkontribusi positif terhadap peningkatan kosakata Bahasa Inggris siswa. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi pendidik dan orang tua untuk mempertimbangkan penggunaan game online, khususnya Roblox, dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar. ***** With the increasing advancement of technology, many elementary students are accessing online games. One positive impact of this is the improvement in English vocabulary acquisition. This study aimed to examine the impact of the online game Roblox on enhancing English vocabulary among fifth-grade elementary students. Employing a quantitative causal-comparative Ex Post Facto research design, the study involved students from Harapan Bunda Elementary School in Tangerang who play Roblox, selected through Purposive Sampling. Data were collected using vocabulary tests. To test the hypothesis, a Mann-Whitney analysis was conducted, resulting in U1 = 28.5 and a p-value of 0.0163. Since the p-value (0.0163) < significance level (0.05), the null hypothesis stating no effect of Roblox on vocabulary enhancement was rejected. The results show that 80% of students who did not play Roblox scored below average, whereas only 34% of Roblox-playing students fell into the same category. Overall, the findings indicate that engaging with Roblox positively influences the development of English vocabulary in fifth-grade students. This research can serve as a valuable reference for educators and parents to consider integrating online games, particularly Roblox, into English language learning to create a more enjoyable and effective educational experience for elementary students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Hj. Herlina, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Ika Lestari, S.Pd., M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Florentina Herawati . |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 01:43 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 01:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |