PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LAB PHET TERHADAP HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK KELAS X DI SMK NEGERI 34 JAKARTA

RAHAYU PUTRI AMELIA, . (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL LAB PHET TERHADAP HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK KELAS X DI SMK NEGERI 34 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Cover_Rahayu Putri Amelia.pdf

Download (698kB)
[img] Text
Skripsi_BAB I_Rahayu Putri Amelia.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Skripsi_BAB II_Rahayu Putri Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_BAB III_Rahayu Putri Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_BAB IV_Rahayu Putri Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_BAB V_Rahayu Putri Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi_Daftar Pustaka_Rahayu Putri Amelia.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Skripsi_Lampiran_Rahayu Putri Amelia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setiap peserta didik memiliki pengetahuan dan kemampuan yang berbeda, sedangkan media pembelajaran dan pemanfaatan teknologi di sekolah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar menggunakan media virtual lab dan laboratorium riil pada materi rangkaian listrik kelas X di SMK Negeri 34 Jakarta, (2) perbedaan hasil belajar peserta didik berkemampuan akademik di atas rata-rata, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik terhadap hasil belajar. Metode penelitian menggunakan quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design, yaitu penelitian menggunakan dua kelas yang sudah terbentuk sebelumnya sebagai kelas eksperimen dan kontrol tanpa proses randomisasi. Kelas eksperimen menggunakan virtual lab PhET, simulasi interaktif yang dapat membantu proses pembelajaran, dengan rata-rata hasil belajar 68,05 dan kelas kontrol menggunakan laboratorium riil dengan rata-rata 54,58. Analisis Two-Way ANOVA menunjukkan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (p = 0,045), di mana virtual lab lebih efektif dibanding laboratorium riil. Tingkat kemampuan akademik juga berpengaruh signifikan (p < 0,001), dengan peserta didik berkemampuan di atas rata-rata memperoleh hasil belajar lebih baik. Namun, tidak terdapat interaksi signifikan antara media pembelajaran dan tingkat kemampuan akademik (p = 0,317). Dengan demikian, media virtual lab maupun laboratorium riil sama-sama dapat digunakan untuk semua tingkat kemampuan akademik tanpa memengaruhi hasil belajar secara berbeda. ***** Students have different knowledge and abilities, while learning media and technology use at school are still limited. This study aims to determine (1) differences in learning outcomes using virtual lab and real laboratory media on electrical circuit material for grade X students at SMK Negeri 34 Jakarta, (2) differences in learning outcomes of students with above-average academic ability, and (3) the interaction between learning media and academic ability on learning outcomes. The research method used a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design, namely the study used two pre-formed classes as the experimental and control classes without randomization. The experimental class used the PhET virtual lab, an interactive simulation that can assist the learning process, with an average learning outcome of 68.05 and the control class used a real laboratory with an average of 54.58. Two-Way ANOVA analysis showed that learning media had a significant effect on learning outcomes (p = 0.045), with virtual lab being more effective than real laboratory. Academic ability also had a significant effect (p < 0.001), with students of above-average ability achieving better results. However, there was no significant interaction between learning media and academic ability (p = 0.317). Thus, both virtual lab and real laboratory media can be used for students of all academic ability levels without affecting learning outcomes differently.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., M.M. ; 2). Dr. Daryanto, M.T.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 28711 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:21
Last Modified: 04 Aug 2025 07:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57372

Actions (login required)

View Item View Item