PENGEMBANGAN MODEL GERAK DASAR LOKOMOTOR BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN USIA DI BAWAH 16 TAHUN (U-16)

DEBY FITHRIYYA SAGITA, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL GERAK DASAR LOKOMOTOR BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN USIA DI BAWAH 16 TAHUN (U-16). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (375kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN MODEL GERAK DASAR LOKOMOTOR BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN USIA DI BAWAH 16 TAHUN (U-16) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa model gerak dasar lokomotor berbasis permaina untuk anak berkebutuhan khusus Disabilitas Intelektual Ringan di Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi DKI Jakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2024 yang bertempat di GOR Soemantri Brodjonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development (R & D) dari ADDIE dengan membuat produk berupa model permainan gerak dasar lokomotor dengan 5 (lima) tahapan, yaitu 1.) Analisis (Analyze), 2.) Desain (Design), 3.) Pengembangan (Development), 4.) Pelaksanaan (Implement), 5.) Evaluasi (Evaluate). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia di bawah 16 tahun (U-16) di Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi DKI Jakarta yang berjumlah 10 anak. Pada penelitian ini peneliti bekerjasama dengan satu dosen ahli dan satu pelatih disabilitas sebagai expert judgement. Pada penelitian ini di dapatkan 12 model permainan yang sesuai dan layak di terapkan.Adapun keunggulan dari permainan ini adalah bisa dengan mudah dimainkan oleh berkebutuhan khusus Disabilitas Intelektual, tidak memerlukan alat yang sulit ditemukan dan menjadikan melakukan latihan yang menyenangkan serta memiliki banyak manfaat yang didapatkan. Adapun tujuan utama dari permainan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor anak Special Olympics Indonesia (SOIna) Provinsi DKI Jakarta, menarik ketertarikan anak untuk latihan dan menghilangkan rasa jenuh dalam berlatih. Sehubung dengan kesimpulan hasil penelitian dan implikasi temuan-temuan yang diuraikan sebelumnya maka di sarankan: 1. Bagi anak berkebutuhan khusus Disabilitas Intelektual Ringan di harapkan mengaplikasikan model permainan yang telah peneliti buat dengan memahami prosedur pelaksanaan pada masing-masing model agar tujuan dari model permainan tersebut dapat tercapai. 2. Bagi pelatih di harapkan bisa menjadi model gerak dasar lokomotor berbasis permainan yang lebih kreatif lagi 3. Adanya tindak lanjut untuk melihat keefektifan model permainan dalam pengembangan keterampilan gerak dasar lokomotor pada atlet SOIna sehingga dapat diketahui sejauh mana model tersebut memberikan dampak positif. Kata Kunci: Gerak Dasar Lokomotor, Permainan, Disabilitas Intelektual DEVELOPMENT OF A GAME-BASED LOCOMOTOR FUNDAMENTAL MOVEMENT MODEL FOR CHILDREN WITH MILD INTELLECTUAL DISABILITIES UNDER 16 YEARS OLD (U-16) ABSTRACT This study aims to develop a product in the form of a locomotor fundamental movement model based on games for children with Mild Intellectual Disabilities at Special Olympics Indonesia (SOIna) in the DKI Jakarta Province. Data collection was carried out in June 2024 at GOR Soemantri Brodjonegoro. The research method used is Research and Development (R&D) based on the ADDIE model, which involves five stages: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation.The subjects in this study were 10 children under the age of 16 (U-16) from Special Olympics Indonesia (SOIna) in DKI Jakarta Province. The researcher collaborated with one expert lecturer and one disability coach as expert judgment. The validity test used in this research was a feasibility test, where the developed locomotor movement game model was consulted and trialed.This study produced 12 appropriate and feasible game models. The advantages of these games include being easily played by children with Mild Intellectual Disabilities, not requiring difficult-to-find equipment, and offering enjoyable practice sessions with various benefits. The main objectives of these games are to improve the locomotor movement skills of children at Special Olympics Indonesia (SOIna) in DKI Jakarta Province, to increase their interest in training, and to reduce boredom during practice.In accordance with the research conclusions and the implications of the findings described above, the following suggestions are provided: 1. For children with Mild Intellectual Disabilities, it is recommended to implement the developed game models by understanding the execution procedures of each model to achieve the intended goals. 2. For coaches, it is hoped that these models can inspire the development of more creative locomotor-based game activities. 3. Further actions are suggested to assess the effectiveness of the game models in developing locomotor skills among SOIna athletes, in order to determine the extent to which these models yield positive outcomes. Keywords: Locomotor Fundamental Movement, Games, Intellectual Disability

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd. 2). Dr. Fajar Vidya Hartono, S.Pd, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Atletik
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Deby Fithriyya Sagita .
Date Deposited: 04 Aug 2025 06:39
Last Modified: 04 Aug 2025 06:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57561

Actions (login required)

View Item View Item