PENGARUH EFIKASI DIRI, SIKAP, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA SMKN 48 JAKARTA

KALILA ERIANITA KUSUMA WARDHANI, . (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI, SIKAP, DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NIAT BERWIRAUSAHA SISWA SMKN 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (948kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri, sikap, dan pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha siswa SMKN 48 Jakarta, dengan motivasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatori. Sampel penelitian terdiri dari 149 siswa kelas XI yang dipilih melalui teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang telah divalidasi dan diuji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri, sikap, dan pendidikan kewirausahaan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi, serta niat berwirausaha. Selain itu, motivasi terbukti berperan sebagai mediasi parsial antara ketiga variabel bebas terhadap niat berwirausaha. Penelitian ini memperkuat kerangka teori Theory of Planned Behavior (TPB) dan menegaskan pentingnya penguatan faktor psikologis serta pendekatan pendidikan praktis dalam membentuk karakter kewirausahaan siswa SMK. Temuan ini memiliki implikasi strategis dalam perancangan kurikulum kewirausahaan berbasis pengalaman serta pengembangan program pelatihan yang dapat meningkatkan efikasi diri dan motivasi siswa dalam menghadapi tantangan dunia usaha.***** This study aims to analyze the influence of self-efficacy, attitude, and entrepreneurship education on the entrepreneurial intention of students at SMKN 48 Jakarta, with motivation as a mediating variable. Employing a quantitative approach with an explanatory design, the study involved 149 grade XI students selected through stratified random sampling. Data were collected using validated and reliable questionnaires. Data analysis was conducted using Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). The findings revealed that self-efficacy, attitude, and entrepreneurship education have a direct and significant positive effect on motivation and entrepreneurial intention. Moreover, motivation partially mediated the relationship between the independent variables and entrepreneurial intention. This study reinforces the Theory of Planned Behavior (TPB) framework and highlights the importance of psychological constructs and practical educational approaches in shaping entrepreneurial character among vocational students. The results offer strategic implications for the development of experience-based entrepreneurship curricula and training programs aimed at enhancing students' self-efficacy and motivation in facing the challenges of the entrepreneurial world.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dita Puruwita, S.Pd., M.Si., Ph.D ; 2). Nofriska Krissanya, S.E., M.B.A
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Kalila Erianita Kusuma Wardhani .
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:58
Last Modified: 04 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57578

Actions (login required)

View Item View Item