VINA ALVIANA, . (2025) PENGARUH VIRTUAL REALITY TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA TOPIK HUKUM DASAR KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran kimia pada topik hukum dasar kimia seringkali dianggap sulit oleh siswa. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik serta pendekatan pembelajaran yang masih teacher-centered. Kondisi tersebut dapat menurunkan minat belajar mereka, padahal minat belajar penting dalam mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Sebagai solusi, diperlukan inovasi media yang mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan virtual reality (VR) terhadap minat belajar siswa pada topik hukum dasar kimia. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan quasi-experiment dalam bentuk nonequivalent (pretest and posttest) control-group design. Partisipan penelitian ini berjumlah 72 siswa kelas X SMA Negeri A pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan instrumen angket Student Interest Scale (SIS) dengan skala Likert 1 5 untuk mengukur minat belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen melakukan pembelajaran materi hukum dasar kimia menggunakan VR, sedangkan kelas kontrol menggunakan video YouTube. Data kuantitatif dianalisis menggunakan SPSS 25 di mana menunjukkan hasil bahwa minat belajar siswa di kedua kelas mengalami peningkatan. Namun, peningkatan minat belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan siswa kelas kontrol di akhir pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa VR mampu meningkatkan minat belajar siswa pada topik hukum dasar kimia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Irwanto, M.Pd. 2). Rika Siti Syaadah, M.Pd. |
Subjects: | Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Vina Alviana . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:32 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:32 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |