PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ANDROID STUDIO UNTUK MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGECATAN PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN UNJ

MUHAMMAD FAUZAN RIZKY, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ANDROID STUDIO UNTUK MATA KULIAH TEKNOLOGI PENGECATAN PADA MAHASISWA TEKNIK MESIN UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Muhammad Fauzan Rizky. Pengembangan Model Pembelajaran menggunakan Software Android Studio Untuk Mata Kuliah Teknologi Pengecatan Pada Mahasiswa Teknik Mesin UNJ. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan dari adanya pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mata kuliah Teknologi Pengecatan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Populasi pada penelitian ini sebanyak 15 responden, yang digunakan untuk pengujian instrumen sebanyak 15 responden dan 15 responden tersebut juga digunakan untuk pengambilan data. Pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, Uji pretest posttest dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product Moment, reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach. Uji persyaratan analisis normalitas menggunakan Liliefors, dan Uji T satu sample. Uji T dilakukan untuk mengetahui keefektifan dari pengembangan media pembelajaran dengan melakukan uji pada hasil pretest dan posttest sehingga dapat ditemukan hasil akhir terkait efektif atau tidaknya pengembangan media pembelajaran. Hasil dalam penelitian ini, terdapat hubungan yang positif antara pengembangan media pembelajaran dengan mata kuliah Teknologi Pengecatan , yaitu didapatkan hasil akhir T hitung 3,26 dan T tabel 2,13 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan adanya media pembelajaran berbasis Android ini untuk mata kuliah Teknologi Pengecatan pada Mahasiswa Teknik Mesin UNJ. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Kelayakan, Hasil belajar. INGGRIS : Muhammad Fauzan Rizky. Development of Learning Model using Android Studio Software for Painting Technology Courses at UNJ Mechanical Engineering Students. Skripsi, Jakarta: Mechanical Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta, 2020. This study aims to determine the feasibility and effectiveness of the development of Android-based learning media for Painting Technology courses in students of Mechanical Engineering Education Study Program at the State University of Jakarta. This research is an R & D research with ADDIE design which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The population in this study were 15 respondents, which were used for testing instruments as many as 15 respondents and 15 respondents were also used for data collection. Data collection used was questionnaire, pretest posttest test and documentation. Test the validity of the instrument using the product Moment formula, the reliability of the instrument using Cronbach alpha. The normality analysis requirements test uses Liliefors, and one sample T test. The T test was conducted to determine the effectiveness of the development of learning media by conducting tests on the results of the pretest and posttest so that the final results can be found related to the effectiveness of the development of learning media. The results in this study, there is a positive relationship between the development of learning media with Painting Technology courses, namely the final results of T count 3.26 and T table 2.13 so it can be concluded that there is an increase in learning outcomes with this Android-based learning media for Painting Technology course at UNJ Mechanical Engineering Students. Keywords: Development of Learning Media, Feasibility, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Zulfiati, M.Pd. ; 2). Drs.Adi Tri Tyassmadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2114 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 11:47
Last Modified: 17 Apr 2020 11:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5762

Actions (login required)

View Item View Item