UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT MELALUI MEDIA ALAT SISWA SD (Penelitian Pada Mahasiswa Semester VIII Tahun Akademik 2025/2026 Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan)

AJENG PUSPITA SARI, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELOMPAT MELALUI MEDIA ALAT SISWA SD (Penelitian Pada Mahasiswa Semester VIII Tahun Akademik 2025/2026 Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Keolahragaan Dan Kesehatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (402kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar melompat melalui media alat bantu pada siswa SD Negeri Rawamangun 09 kelas IV. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Sampel adalah siswa kelas IV SD Negeri Rawamangun 09. Prosedur pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi untuk kemudian mendapatkan nilai hasil belajar dan dapat dilihat perbedaannya antara siklus 1 dan siklus 2. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata siklus I adalah 75,7. Sedangkan nilai rata-rata siklus II adalah 85,4. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II. Selain itu keterampilan guru dalam membawakan pembelajaran juga mendapatkan nilai dengan kriteria “sangat baik”. Hal ini berarti peneliti melakukan peninjauan ulang terhadap pembelajaran di siklus I agar bisa lebih baik di siklus II. Dalam hal ini peneliti dapat mengatasi masalah rendahnya nilai siswa dengan pembelajaran belajar gerak dasar melompat melalui media alat pada SD Negeri Rawamangun 09 kelas IV. *This study aims to improve the learning outcomes of basic jumping movements through the medium of assistive devices in students of SD Negeri Rawamangun 09 grade IV. The type of research is class action research (PTK). The method used is quantitative descriptive. The sample is a grade IV student of SD Negeri Rawamangun 09. The data collection procedure is carried out with observation techniques to then get the value of learning outcomes and the difference between cycle 1 and cycle 2 can be seen. The results of the study found that the average score of the first cycle was 75.7. Meanwhile, the average score of the second cycle was 85.4. From this data, it can be seen that there is an increase in the average score of students from cycle I to cycle II. In addition, teachers' skills in bringing learning also get a score with the criterion of "very good". This means that the researcher conducts a review of learning in cycle I so that it can be better in cycle II. In this case, the researcher can overcome the problem of low student scores by learning basic jumping movements through the medium of tools at SD Negeri Rawamangun 09 grade IV.*

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd 2). Drs. Mustara, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Pendidikan > Media Pembelajaran
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Ajeng Puspita Sari .
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:57
Last Modified: 04 Aug 2025 07:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57637

Actions (login required)

View Item View Item