PENGARUH CO-BRANDING TERHADAP BRAND AWARENESS DALAM KOLABORASI GRUP MUSIK MALIQ & D’ESSENTIALS DENGAN BRAND PARFUM HMNS DI MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM

DOMINIKUS JULIANUS OLA TUKAN, . (2025) PENGARUH CO-BRANDING TERHADAP BRAND AWARENESS DALAM KOLABORASI GRUP MUSIK MALIQ & D’ESSENTIALS DENGAN BRAND PARFUM HMNS DI MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
file Cover.pdf

Download (999kB)
[img] Text
file BAB 1.pdf

Download (654kB)
[img] Text
file BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
file BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
file BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
file BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
file Daftar Pustaka.pdf

Download (588kB)
[img] Text
file Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi co-branding menjadi salah satu pendekatan pemasaran yang banyak digunakan di era digital dalam upaya meningkatkan brand awareness.HMNS, sebagai brand parfum lokal Indonesia, melakukan kolaborasi dengan grup musik MALIQ & D’Essentials untuk menciptakan produk parfum edisi khusus.Kolaborasi ini dipublikasikan melalui media sosial Instagram dengan tujuan memperluas jangkauan pasar dan memperkuat citra merek di tengah persaingan industri parfum yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh co-branding antara selebritas MALIQ & D’Essentials dengan HMNS terhadap brand awareness di media sosial Instagram. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu CoBranding (Variabel X) dan Brand Awareness (Variabel Y). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan responden sebanyak 400 pengguna Instagram yang mengikuti akun @hmns.id dan mengetahui kolaborasi tersebut. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara co-branding dengan brand awareness. Selain itu, hasil uji korelasi Pearson sebesar 0,775 menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi co-branding antara HMNS dan MALIQ & D’Essentials memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan brand awareness HMNS di media sosial Instagram. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dimensi brand awareness dengan nilai mean tertinggi adalah brand recognition, yang berarti sebagian besar responden dengan mudah mengenali brand HMNS setelah melihat kolaborasi tersebut. Kolaborasi ini dinilai menarik, memiliki nilai unik, dan mampu membentuk citra positif HMNS sebagai brand parfum lokal yang kreatif dan inovatif. ***** Co-branding strategy has become one of the most widely used marketing approaches in the digital era to increase brand awareness. HMNS, as a local Indonesian perfume brand, collaborated with the music group MALIQ & D’Essentials to create a special edition perfume product. This collaboration was promoted through Instagram with the aim of expanding market reach and strengthening brand image amidst the increasingly competitive fragrance industry. This study aims to determine the influence of co-branding between the celebrity MALIQ & D’Essentials and HMNS on brand awareness on Instagram. There are two variables in this research: co-branding (Variable X) and Brand Awareness (Variable Y). The research uses a quantitative approach with a survey method. The sampling technique used is stratified random sampling, with a total of 400 Instagram users who follow the @hmns.id account and are aware of the collaboration. Data analysis was conducted using simple linear regression. The results show a significance value of 0.000, which is less than 0.05, indicating that H0 is rejected and Ha is accepted. This confirms a significant influence between cobranding and brand awareness. In addition, the Pearson correlation test result of 0.775 indicates a strong relationship between the two variables. The conclusion of this study indicates that the co-branding strategy between HMNS and MALIQ & D’Essentials has a significant influence on increasing HMNS's brand awareness on Instagram. Descriptive analysis shows that the brand awareness dimension with the highest mean score is brand recognition, meaning that most respondents can easily recognize the HMNS brand after seeing the collaboration. The collaboration is considered attractive, unique, and capable of building a positive image of HMNS as a creative and innovative local perfume brand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anggun Nadia Fatimah, M.Si. ; 2). Menati Fajar Rizki, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 28082 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:06
Last Modified: 05 Aug 2025 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57736

Actions (login required)

View Item View Item