PENGEMBANGAN MEDIA PODCAST UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA NEGERI 86 JAKARTA

ADRIANI SAFITRI, . (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PODCAST UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA NEGERI 86 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-1215154900.pdf

Download (190kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (152kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media podcast mengenai explanation text untuk pembelajaran Bahasa Inggris kelas XI SMA. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan J.Moonen. Model pengembangan terdiri dari lima tahap, yaitu (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Evaluasi, (5) Implementasi. Aktivitas pada tahapan analisis adalah mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk pengembangan ke sasaran pengguna. Pada tahapan desain membuat rancangan pengembangan produk, yaitu membuat GBIM. Tahapan pengembangan melakukan kegiatan pengembangan, yaitu pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Pada tahap evaluasi menguji coba produk media yang dilakukan dengan expert review dan uji coba pengguna one to one. Expert review melibatkan satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Evaluasi one to one melibatkan tiga guru mata pelajaran Bahasa Inggris. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan evaluasi expert review dengan nilai 3,43 (sangat baik), rata-rata hasil uji coba one to one memperoleh nilai 2,95 (baik). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Podcast Explanation pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas XI dikatakan baik dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. This development research aims to produce podcast media products regarding explanation text. This development uses the J. Moonen development model. The development Model consists of five phases, namely (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) evaluation, (5) implementation. Activity at the stage of analysis is to identify problems and gather the information needed for development to the user's goal. At the design stage create a product development design, which is making GBIM. The stages of development carried out development activities, namely pre-production, production, and post production. At the evaluation stage test the media products are done with expert review, one to one and field test. Expert review involves one material expert and one media expert. One to one evaluation involves three teachers of English subjects. From the results of the trial was obtained an average of an expert review evaluation with a value of 3,43 (very good), the average of one to one trials gained a value of 2,95 (good). From these results it can be concluded that the Media Podcast Explanation Text on English learning class XI is said to be good and can be used in the learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2. Retno Widyaningrum, S.Kom., MM.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2099 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2020 16:38
Last Modified: 26 Mar 2020 16:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item