YOGI RAHMADHANI, . (2025) ANALISIS ANTRIAN TRUK PADA GERBANG MASUK TERMINAL 2 TANJUNG PRIOK DENGAN MODEL SIMULASI ARENA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (705kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun model simulasi sistem antrian truk yang akurat menggunakan perangkat lunak Arena dengan mempertimbangkan parameter operasional nyata di lapangan. Fokus utama dari penelitian adalah mengidentifikasi titik-titik bottleneck dalam sistem antrian melalui analisis metrik kinerja seperti waktu tunggu rata-rata truk, waktu pelayanan, dan panjang antrian maksimum, serta mengevaluasi berbagai skenario optimalisasi guna menentukan strategi yang paling efektif dalam meningkatkan efisiensi sistem. Masalah antrian pada pintu masuk terminal pelabuhan masih menjadi kendala operasional yang nyata, terutama pada jam sibuk, sehingga diperlukan pendekatan berbasis simulasi untuk mengevaluasi solusi secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak Arena sebagai alat utama untuk membangun dan menjalankan model simulasi sistem antrian. Data yang digunakan dikumpulkan melalui observasi lapangan selama empat jam serta didukung oleh data operasional terminal sebagai referensi kuantitatif. Hasil simulasi menunjukkan bahwa model yang dikembangkan tetap mampu mengakomodasi lonjakan volume truk tanpa menimbulkan antrean yang signifikan, khususnya setelah dilakukan penyesuaian berupa penambahan fasilitas pelayanan. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan berbasis simulasi menggunakan Arena dapat menjadi metode yang efektif dan aplikatif untuk merancang, menguji, serta mengoptimalkan sistem antrian truk di pelabuhan. Temuan ini juga menunjukkan potensi pemanfaatan model simulasi sebagai alat bantu pengambilan keputusan dalam perencanaan dan manajemen operasional pelabuhan secara lebih adaptif dan efisien. ***** This study aims to build an accurate simulation model of the truck queue system using Arena software by taking into account real operational parameters in the field. The main focus of the study was to identify bottlenecks in the queue system through the analysis of performance metrics such as average truck wait time, service time, and maximum queue length, as well as evaluate various optimization scenarios to determine the most effective strategies in improving system efficiency. The problem of queues at the entrance of the port terminal is still a real operational obstacle, especially during peak hours, so a simulation-based approach is needed to evaluate the solution thoroughly. This study uses Arena software as the main tool to build and run a simulation model of the queue system. The data used was collected through field observation for four hours and supported by terminal operational data as a quantitative reference. The simulation results showed that the developed model was still able to accommodate the surge in truck volume without causing significant queues, especially after adjustments were made in the form of additional service facilities. Thus, this study confirms that a simulation-based approach using Arena can be an effective and applicable method for designing, testing, and optimizing the truck queuing system at the port. These findings also show the potential use of simulation models as a decision-making tool in planning and managing port operations in a more adaptive and efficient manner.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Winoto Hadi, M.T. ; 2). Vivian Karim Ladesi, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil |
Divisions: | FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim |
Depositing User: | Yogi Rahmadhani . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 06:31 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 06:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |