HAMMAN KHAFY HIOLA, . (2025) KARAKTERISTIK KEKUATAN TARIK DAN STRUKTUR MIKRO KOMPOSIT SERAT BATANG PISANG DAN SERBUK BAMBU SEBAGAI MATERIAL KAMPAS REM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (901kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif material kampas rem sebagai pengganti asbestos dengan menggunakan komposit berbahan alami yang bervariasi. Penggunaan bahan alami menjadi pilihan utama karena lebih ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan, mengingat asbestos telah terbukti mengandung unsur berbahaya bagi sistem pernapasan manusia. Dalam penelitian ini, material komposit yang dikembangkan terdiri dari serat batang pisang dan serbuk bambu sebagai komponen utama berbasis alam. Kedua bahan ini dipilih karena ketersediaannya melimpah, serta memiliki potensi kekuatan mekanik yang cukup baik. Melalui metode eksperimen, lima variasi komposisi spesimen diuji berdasarkan persentase kandungannya masing-masing. Tujuannya adalah untuk menentukan formulasi komposit yang menghasilkan performa paling optimal dalam hal kekuatan tarik dan struktur mikro, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif kampas rem yang efektif dan efisien. Hasil pengujian menunjukkan bahwa spesimen K1 memberikan nilai kekuatan tarik tertinggi di antara semua variasi, yaitu sebesar 9,08 MPa. Komposisi dari spesimen ini adalah 40% serat batang pisang dan 0% serbuk bambu. Kombinasi ini terbukti memberikan daya tarik material yang lebih baik dibandingkan spesimen lainnya. Sementara itu, pengujian terhadap struktur mikro menunjukkan bahwa spesimen K3 memiliki distribusi serat dan serbuk yang cukup merata serta menyatu dengan baik pada matriks. Celah antar material penguat berukuran relatif seragam dan tidak menunjukkan adanya aglomerasi atau penggumpalan bahan. Hasil ini mengindikasikan bahwa variasi komposisi tertentu tidak hanya memengaruhi kekuatan mekanik, tetapi juga berkontribusi pada keseragaman dan kestabilan struktur mikro yang penting bagi kinerja kampas rem. Kata kunci: Kampas rem, Komposit, Uji tarik dan struktur mikro ***** This research aims to discover an alternative brake pad material to replace asbestos by using various types of natural fiber-based composites. Natural materials are the preferred choice due to their environmental friendliness and safety for human health, considering that asbestos has been proven to contain harmful substances that affect the human respiratory system. In this study, the developed composite material consists of banana stem fiber and bamboo powder as the main natural components. These two materials were chosen because of their abundant availability and potential for good mechanical strength. Through an experimental method, five variations of specimen compositions were tested based on their respective content percentages. The objective is to determine the composite formulation that yields the most optimal performance in terms of tensile strength and microstructure, so it can be used as an effective and efficient alternative brake pad. The test results show that specimen K1 provided the highest tensile strength value among all variations, which was 9.08 MPa. The composition of this specimen is 40% banana stem fiber and 0% bamboo powder. This combination proved to provide better material tensile strength compared to the other specimens. Meanwhile, testing of the microstructure showed that specimen K3 had a fairly even distribution of fibers and powder and was well bonded within the matrix. The gaps between the reinforcing materials were relatively uniform in size and did not show any agglomeration or clumping of materials. These results indicate that certain composition variations not only affect mechanical strength, but also contribute to uniformity and stability of micro structures that are important for brake lining performance. Keywords: Brake pad, Composite, Tensile test, and microstructure
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ahmad Kholil, M.T. ; 2). Drs. Syaripuddin, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Pertambangan, Metalurgi Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Hamman Khafy Hiola . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 07:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58091 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |