NABILA OKTAVIONA PRIBADI, . (2025) PENGARUH KAMPANYE #MULAIDARIMEJARIAS TERHADAP SIKAP FOLLOWERS INSTAGRAM @AVOSKINBEAUTY DALAM MENDUKUNG KEBERLANJUTAN LINGKUNGAN MELALUI PRODUK PERAWATAN KECANTIKAN (STUDI KUANTITATIF PADA LIKERS KONTEN KAMPANYE #MULAIDARIMEJARIAS TANGGAL 21 MARET 2024 AKUN INSTAGRAM @AVOSKINBEAUTY). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (846kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
Lampiran Disertasi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kampanye di media sosial saat ini merupakan strategi komunikasi yang efisien dalam mengungkapkan masalah sosial, termasuk keberlanjutan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dampak kampanye #MulaiDariMejaRias terhadap sikap pengikut Instagram @avoskinbeauty dalam mendukung keberlanjutan lingkungan lewat produk kecantikan. Kampanye ini diadakan oleh Avoskin sebagai upaya untuk mendidik konsumen agar memulai perubahan dari hal-hal kecil, seperti memilih produk kecantikan yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan Teori Integrasi Informasi dari Martin Fishbein untuk menjelaskan pembentukan sikap melalui proses penggabungan informasi yang dinilai berdasarkan valensi dan bobotnya. Informasi kampanye #MulaiDariMejaRias yang disampaikan melalui Instagram dianggap mampu memengaruhi sikap followers terhadap isu keberlanjutan lingkungan. Kampanye media sosial dipahami sebagai strategi komunikasi yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi, dengan Instagram sebagai platform utama. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada followers yang menyukai konten kampanye #MulaiDariMejaRias pada tanggal 21 Maret 2024. Sampel yang digunakan berjumlah 99 responden dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan valid dan reliabel, dengan nilai Cronbach’s Alpha > 0,7 dan korelasi item-total yang memenuhi syarat. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas membuktikan adanya hubungan yang linear antara variabel kampanye dan sikap. Hasil uji hipotesis diperoleh dengan menunjukkan nilai thitung > ttabel (Sig < 0,05), 16,896 > 0,197 (0,000<0,005), menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh antara kampanye terhadap sikap. Temuan dari semua hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye #MulaiDariMejaRias memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap followers. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kampanye #MulaiDariMejaRias berpengaruh terhadap sikap followers Instagram @avoskinbeauty dalam mendukung keberlanjutan lingkungan melalui penggunaan produk kecantikan. Temuan ini menunjukkan bahwa kampanye media sosial dapat menjadi strategi komunikasi efektif dalam membentuk sikap terhadap kepedulian lingkungan. Kata kunci: kampanye, keberlanjutan lingkungan, media sosial, sikap. ***** Social media campaigns are currently an efficient communication strategy in expressing social issues, including environmental sustainability. The purpose of this study is to examine the impact of the #MulaiDariMejaRias campaign on the attitude of Instagram followers @avoskinbeauty in supporting environmental sustainability through beauty products. This campaign was held by Avoskin as an effort to educate consumers to start changes from small things, such as choosing sustainable beauty products. This research uses Martin Fishbein's Information Integration Theory to explain attitude formation through the process of incorporating information that is assessed based on its valence and weight. The #MulaiDariMejaRias campaign information delivered through Instagram is considered capable of influencing followers' attitudes towards environmental sustainability issues. A social media campaign is understood as a communication strategy that includes planning, implementation, monitoring and evaluation, with Instagram as the main platform. The research method used is a quantitative approach with survey techniques. Data collection was carried out by distributing questionnaires to followers who liked the #MulaiDariMejaRias campaign content on March 21, 2024. The sample used was 99 respondents and analyzed using a simple linear regression test with the help of the SPSS application. The data analysis technique in this study used univariate and bivariate analysis. The test results in this study indicate that the instruments used are valid and reliable, with a Cronbach's Alpha value> 0.7 and a qualified item-total correlation. The normality test shows that the data is normally distributed, while the linearity test proves that there is a linear relationship between the campaign and attitude variables. Hypothesis testing results obtained by showing the value of tcount> ttable (Sig < 0.05), 16.896> 0.197 (0.000 < 0.005), indicating that Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that there is an influence between the campaign on attitude. The findings of all research results show that the #MulaiDariMejaRias campaign has a significant influence on the attitude of followers. This study concludes that the #MulaiDariMejaRias campaign affects the attitude of Instagram followers @avoskinbeauty in supporting environmental sustainability through the use of beauty products. This finding shows that social media campaigns can be an effective communication strategy in shaping attitudes towards environmental awareness. Keywords: campaign, social media, attitude, environmental sustainability.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Maulina Larasati Putri., S.Sos., M.I.Kom. ; 2) Dr. Dini Safitri, S.Sos., M.Si. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nabila Oktaviona Pribadi . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:42 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:42 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |