ANALISIS VARIASI GEOMETRI DAN FILLING RATIO WICKLESS HEAT PIPE TERHADAP KINERJA SISTEM THERMOELECTRIC GENERATOR PADA KNALPOT MOBIL

FARHAN ANDRIANTO NAUFAL, . (2025) ANALISIS VARIASI GEOMETRI DAN FILLING RATIO WICKLESS HEAT PIPE TERHADAP KINERJA SISTEM THERMOELECTRIC GENERATOR PADA KNALPOT MOBIL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada kendaraan seperti mobil menghasilkan limbah panas yang signifikan dari knalpot, yang sebagian besar terbuang sia-sia. Teknologi Thermoelectric Generator (TEG) dapat mengubah panas ini menjadi energi listrik. Daya yang dihasilkan oleh sistem TEG dipengaruhi oleh konfigurasi dan perbedaan suhu antara sisi panas dan sisi dingin. Karena itu temperatur pada sisi panas knalpot harus tinggi dan sisi dingin harus jauh lebih rendah dibandingkan sisi panas, hal tersebut akan dibantu oleh sistem pendingin tambahan seperti Heat Pipe, Heatsink, dan Kipas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menentukan rasio fluida dan bentuk Heat Pipe wickless yang optimal pada sistem TEG. Untuk rasio pengisian fluida kerjanya akan divariasikan yaitu 40%, 50% dan 60% yang menggunakan fluida kerja berupa Deionized Water. Bentuk dari Heat Pipe akan menggunakan bentuk lurus dan L. Pada sisi panas dari knalpot akan divariasikan yaitu sebesar 150°C, 160°C, 170°C, dan 180°C. Hasil dari penelitian mendapatkan bahwa Heat Pipe bentuk lurus dengan rasio pengisian fluida 50% mendapatkan resistansi termal terendah yaitu 1,57 °C/W. Heat Pipe bentuk L dengan rasio pengisian 50% mendapatkan resistansi termal terendah 1,28 °C/W. Hasil pengujian sistem TEG dengan Heat Pipe lurus dan rasio pengisian 50% menghasilkan daya sebesar 0.51 W ditemperatur knalpot 180°C dan Heat Pipe L dengan rasio pengisian 50% menghasilkan daya sebesar 0.57 W ditemperatur knalpot 180°C. Kata Kunci: Panas Knalpot, TEG, Heat Pipe, Daya Listrik ***** Vehicles such as cars produce a significant amount of waste heat from the exhaust system, most of which is dissipated unused. Thermoelectric Generator (TEG) technology can convert this waste heat into electrical energy. The power output of a TEG system is influenced by its configuration and the temperature difference between the hot and cold sides. Therefore, the exhaust side must reach a high temperature, while the cold side should remain significantly lower. This temperature gradient can be supported by additional cooling systems such as Heat Pipes, heatsinks, and fans. This study uses an experimental method to determine the optimal working fluid ratio and the most effective wickless Heat Pipe shape in a TEG system. The working fluid used is deionized water, with filling ratios of 40%, 50%, and 60%, and two Heat Pipe shapes: straight and L-shaped. The hot side (exhaust) temperature is varied at 150°C, 160°C, 170°C, and 180°C. The results show that the straight Heat Pipe with a 50% fluid filling ratio achieved the lowest thermal resistance of 1.57 °C/W, while the L-shaped Heat Pipe with a 50% filling ratio achieved an even lower thermal resistance of 1.28 °C/W. The TEG system test showed that the straight Heat Pipe with 50% filling ratio produced a power output of 0.51 W at an exhaust temperature of 180°C, while the L-shaped Heat Pipe with the same filling ratio produced a slightly higher output of 0.57 W at the same temperature. Keywords: Exhaust Heat, TEG, Heat Pipe, Electrical Power

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Ragil Sukarno, M.T., IPM. ; 2). Dr. Imam Basori, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur
Divisions: FT > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Farhan Andrianto Naufal .
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:29
Last Modified: 06 Aug 2025 07:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58319

Actions (login required)

View Item View Item