ANTO WIJAYA, . (2025) PENGARUH PENDAPATAN PERKAPITA, ANGKA HARAPAN LAMA SEKOLAH, DAN BELANJA PENDIDIKAN TERHADAP ANGKA PARTISIPASI KASAR JENJANG PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan tinggi memainkan peran penting dalam pengembangan sumber daya manusia dan daya saing nasional. Namun, Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi (APK-PT) di Indonesia masih tergolong rendah dan menghadapi berbagai tantangan struktural serta ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan per kapita, angka harapan lama sekolah, dan belanja pendidikan terhadap APK-PT di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan data sekunder, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan per kapita dan belanja pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap APK-PT, sedangkan angka harapan lama sekolah tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa faktor ekonomi dan kebijakan fiskal memainkan peran utama dalam menentukan akses terhadap pendidikan tinggi, sementara harapan terhadap pendidikan tidak selalu terwujud dalam partisipasi nyata. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang mendorong pemerataan pendapatan, meningkatkan belanja pendidikan yang terarah, serta memperkuat transisi dari pendidikan menengah ke pendidikan tinggi guna meningkatkan partisipasi secara lebih inklusif dan berkelanjutan. **** Higher education plays a vital role in human resource development and national competitiveness. However, Indonesia's Gross Enrollment Rate in Higher Education (GER-HE) remains relatively low and faces various structural and economic challenges. This study aims to analyze the influence of per capita income, expected years of schooling, and education expenditure on GER-HE in Indonesia. Using a quantitative approach and secondary data, the results show that both per capita income and education expenditure have a positive and significant effect on GER-HE, while expected years of schooling does not have a significant influence. These findings indicate that economic factors and fiscal policies play a major role in determining access to higher education, whereas educational expectations do not always translate into actual participation. Therefore, policies are needed to promote income equity, improve targeted education spending, and strengthen the transition from secondary to higher education in order to increase participation in a more inclusive and sustainable manner.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si. ; 2). Riswandi, M.Pd.E. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Anto Wijaya . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:16 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |