FRYDA LUCYANA, . (2025) PENGARUH SOSIALISASI KEBENCANAAN TERHADAP PENGETAHUAN PESERTA DIDIK TENTANG BENCANA BANJIR DI SMAN 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (825kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh dari sosialisasi kebencanaan terhadap pengetahuan tentang bencana banjir pada peserta didik di SMA Negeri 62 Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan quasi experimental dan desain penelitian one group pre-test post-test yaitu melalukan pre-test sebelum dilakukannya sosialisasi dan melakukan post-test setelah dilakukannya sosialisasi dengan total sampel 30 peserta didik. Sosialisasi dilaksanakan pada 11 Juni 2024 dengan rangkaian pemberian materi kesiapsiagaan bencana banjir dan perkenalan alat yang digunakan saat terjadi banjir. Data yang diperoleh berasal dari nilai pre-test dan post-test yang berupa soal dengan pilihan ganda sebanyak 15 soal dan pemberian post-test setelah pemberian materi. Temuan penelitian ini dapat menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta didik setelah dilakukannya sosialisasi di SMA Negeri 62 Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pre-test sebesar 65,81 dan rata-rata nilai post-test sebesar 82,26. Hasil post-test lebih tinggi dengan selisih rata-rata sebesar 16,26. Hasil pengujian paired sample t-test dari data hasil perhitungan diperoleh taraf signifikansi (sig.) sebesar 0,00 karena signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian sosialisasi memiliki pengaruh terhadap pengetahuan tentang bencana banjir peserta didik di SMA Negeri 62 Jakarta Timur. ***** The research aims to analyze how the influence of disaster socialization affects the knowledge about flood disasters among students at SMA Negeri 62 Jakarta. The study was conducted using a descriptive quantitative method with a quasi-experimental approach and a one group pre-test post-test research design, namely conducting a pre-test before socialization and conducting a post-test after socialization with a total sample of 30 students. Socialization was carried out on June 11, 2024 with a series of providing flood disaster preparedness materials and an introduction to the tools used during a flood. The data obtained came from the pre-test and post-test scores in the form of 15 multiple-choice questions and the provision of a post-test after the provision of the material. The findings of this study can show an increase in student knowledge after socialization at SMA Negeri 62 East Jakarta. This is evidenced by the average pre-test result of 65.81 and the average post-test score of 82.26. The post-test results were higher with an average difference of 16.26. The results of the paired sample t-test from the calculation data obtained a significance level (sig.) of 0.00 because the significance is less than 0.05, so Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, socialization has an influence on the knowledge of flood disasters of students at SMA Negeri 62 East Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sucahyanto, M.Si. ; 2). Prof. Dr. Cahyadi Setiawan, M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | fryda0205@gmail.com . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:30 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 05:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58332 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |