PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN MOOC (MASSIVE OPEN ONLINE COURSE) UNTUK MAHASISWA PADA MATERI TRANSFORMASI LORENTZ

AMALINDA MARET DWI CAHYANI, . (2025) PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN MOOC (MASSIVE OPEN ONLINE COURSE) UNTUK MAHASISWA PADA MATERI TRANSFORMASI LORENTZ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website pembelajaran MOOC (Massive Open Online Course) pada materi transformasi Lorentz yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah fisika modern. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan SAM (Successive Approximation Model). Hasil penelitian ini berupa produk website pembelajaran MOOC yang disajikan menggunakan platform Moodle agar mudah diakses secara fleksibel dari mana saja dan kapan saja oleh siapa saja menggunakan perangkat elektronik. Website pembelajaran MOOC telah melalui tahap uji kelayakan oleh ahli media dan mendapatkan persentase sebesar 95,83%, uji kelayakan oleh ahli pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 91,67%, dan uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 93,75%, dengan begitu produk mendapatkan hasil interpretasi “sangat layak” dari para ahli. Sedangkan dari hasil uji coba penggunaan produk kepada mahasiswa dalam skala kecil mendapatkan persentase sebesar 93,89% dan uji coba penggunaan produk kepada mahasiswa dalam skala besar mendapatkan persentase sebesar 95,81%, dengan begitu produk dinyatakan “sangat baik” digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah fisika modern. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk website pembelajaran MOOC yang dikembangkan dinyatakan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah fisika modern. ***** This study aims to develop a MOOC (Massive Open Online Course) learning website on Lorentz transformation material that is suitable for use as a learning medium in modern physics courses. The research method employed the Research and Development (R&D) approach using the Successive Approximation Model (SAM). The research outcome is a MOOC learning website presented on the Moodle platform, enabling flexible access from anywhere and at any time by anyone using electronic devices. The MOOC learning website has undergone feasibility testing by media experts, achieving a percentage of 95,83%, feasibility testing by learning experts, achieving a percentage of 91,67%, and feasibility testing by subject matter experts, achieving a percentage of 93,75%. As a result, the product received an “highly feasible” interpretation from the experts. Meanwhile, the results of the product usage trial with a small number of students yielded a percentage of 93,89%, and the product usage trial with a large number of students yielded a percentage of 95,81%. Thus, the product is deemed “excellent” for use as a learning medium in modern physics courses. Based on these results, it can be concluded that the developed MOOC learning website product can be used as a learning medium in modern physics courses.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Esmar Budi, S.Si., M.T. 2). Ely Rismawati, M.Pfis.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Amalinda Maret Dwi Cahyani .
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:03
Last Modified: 06 Aug 2025 08:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58369

Actions (login required)

View Item View Item