DAYU DESTAMY ARIEFIN, . (2025) PENGEMBANGAN SISTEM PRIVATE CLOUD BERBASIS OPENSTACK UNTUK PEMBELAJARAN CLOUD COMPUTING DI SMK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (612kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan DRH.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem private cloud berbasis Openstack sebagai infrastruktur pembelajaran cloud computing di SMK. Tujuan penelitian mencakup: (1) mendeskripsikan proses pengembangan sistem menggunakan model PPDIOO (Prepare, Plan, Design, Implement, Operate, Optimize); (2) menguji kelayakan sistem melalui pengujian fungsional dan performa teknis; dan (3) mengevaluasi efektivitas penerapannya dalam kegiatan pembelajaran. Sistem dikembangkan pada satu server menggunakan konfigurasi all-in-one melalui Kolla Ansible. Pengujian kelayakan mencakup verifikasi layanan inti Openstack serta pemantauan performa ketika digunakan oleh tiga puluh enam siswa, masing-masing menjalankan satu instance dengan spesifikasi satu vCPU, 512 MB RAM, dan 10 GB penyimpanan. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa penggunaan CPU mencapai 88,3% (cukup baik), penggunaan RAM sebesar 69% (baik), dan penggunaan disk sebesar 5% (baik). Kecepatan disk I/O berada pada kisaran 17–44 milidetik (cukup baik), latensi jaringan rata-rata sebesar 0,341 milidetik (baik), dan throughput jaringan mencapai 79,5% (cukup baik). Seluruh layanan berjalan stabil dalam keadaan healthy dan tidak ditemukan kesalahan pada log sistem. Evaluasi efektivitas pembelajaran dilakukan melalui pre-test dan post-test, dengan hasil rata-rata N-Gain sebesar 0,70, termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, hasil angket kepuasan pengguna menunjukkan rata-rata skor pada semua indikator berada dalam kategori “Sangat Setuju”, dengan simpangan baku rendah, yang menandakan persepsi positif dan konsisten dari peserta didik terhadap sistem yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan tidak hanya layak secara teknis, tetapi juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, serta relevan untuk diterapkan dalam pendidikan vokasional yang mendukung kesiapan industri teknologi informasi.***** This study aims to develop a private cloud system based on OpenStack as an infrastructure for cloud computing learning in vocational high schools. The research objectives include: (1) describing the system development process using the PPDIOO model (Prepare, Plan, Design, Implement, Operate, Optimize); (2) testing system feasibility through functional and technical performance evaluations; and (3) evaluating its effectiveness in learning activities. The system was developed on a single server using an all-in-one configuration with Kolla Ansible. Feasibility testing involved verification of core OpenStack services and performance monitoring when used by thirty-six students, each running one instance with specifications of 1 vCPU, 512 MB RAM, and 10 GB storage. Monitoring results showed CPU usage reached 88.3% (fair), RAM usage 69% (good), and disk usage 5% (good). Disk I/O speed ranged from 17–44 milliseconds (fair), network latency averaged 0.341 milliseconds (good), and network throughput reached 79.5% (fair). All services operated stably in a healthy state, with no system log errors found. Learning effectiveness was evaluated using pre-test and post-test, with an average N-Gain score of 0.70, categorized as high. Additionally, user satisfaction survey results showed the mean score across all indicators fell under the "Strongly Agree" category, with low standard deviations, indicating positive and consistent perceptions from the students toward the developed system. The findings demonstrate that the developed system is not only technically feasible but also effective in enhancing student understanding and relevant for implementation in vocational education to support industry readiness in information technology.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr.Ir.Ivan Hanafi, M.Pd. ; 2). Dr.Muhammad Rifán, S.T.,M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Dayu Destamy Ariefin . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 03:35 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 03:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58385 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |