JAVIER URIAN BONARA SIAGIAN, . (2025) PENGEMBANGAN SISTEM THERMAL ENERGY STORAGE UNTUK APLIKASI DINAMIS DENGAN MEMANFAATKAN PANAS BUANG KNALPOT MOBIL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan efisiensi energi dan emisi gas buang kendaraan bermotor menjadi tantangan utama dalam sektor transportasi modern. Sekitar 40% energi dari bahan bakar kendaraan hilang sebagai panas buang melalui knalpot tanpa dimanfaatkan lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem Thermal Energy Storage (TES) berbasis Phase Change Material (PCM) menggunakan minyak kanola sebagai media penyimpan panas dari knalpot kendaraan, dan mengalirkannya kembali ke air melalui pipa tembaga sebagai fluida kerja. Sistem ini dirancang untuk menyerap panas buang knalpot dengan temperatur bervariasi (100°C, 150°C, 200°C), menyimpannya dalam TES, dan kemudian mengalirkan panas tersebut ke air yang bergerak dalam laju alir 0,6; 1; dan 2 liter per menit. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi temperatur knalpot dan laju alir air berpengaruh signifikan terhadap efektivitas transfer panas. Pada kondisi optimal (temperatur knalpot 200°C dan laju aliran air 0,6 lpm), sistem mampu meningkatkan temperatur air hingga lebih dari 100°C dengan efektivitas perpindahan panas mendekati 55%. Penelitian ini membuktikan bahwa sistem TES berbasis PCM berpotensi besar untuk meningkatkan efisiensi termal kendaraan dan mengurangi emisi energi terbuang melalui pemanfaatan panas buang. Kata Kunci: Thermal Energy Storage, panas buang, knalpot, phase change material, efisiensi energi. ***** Energy efficiency and exhaust gas emissions from motor vehicles are among the main challenges in modern transportation. Approximately 40% of the energy from vehicle fuel is lost as exhaust heat through the tailpipe without being utilized. This study aims to develop a Thermal Energy Storage (TES) system using a Phase Change Material (PCM), specifically canola oil, as a heat storage medium to capture waste heat from vehicle exhaust and transfer it to water through copper pipes as the working fluid. The system is designed to absorb exhaust heat at varying temperatures (100°C, 150°C, 200°C), store it in the TES unit, and then release the heat into water flowing at different rates of 0,6, 1, and 2 liters per minute. Experimental results show that both exhaust temperature and water flow rate significantly affect the heat transfer effectiveness. Under optimal conditions (200°C exhaust temperature and 0,6 lpm water flow), the system successfully raises the water temperature to over 100°C, achieving a heat transfer effectivity of up to 55%. This study demonstrates that PCM-based TES systems hold significant potential for enhancing vehicle thermal efficiency and reducing wasted energy through the recovery of exhaust heat. Keywords: Thermal Energy Storage, exhaust heat, tailpipe, phase change material, energy efficiency.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ir. Ragil Sukarno, M. T., IPM. ; 2). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur |
Divisions: | FT > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Javier Urian Bonara Siagian . |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:24 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |