PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 157 JAKARTA

LISTIANI INDRA NINGTYAS, . (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 157 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian dilakukan pada siswa SMP Negeri 157 Jakarta semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 pada materi Pola Bilangan. Metode penelitian ini adalah Quasi Experiment (eksperimen semu). Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik simple random sampling dilakukan dengan memilih secara acak dua kelas dari empat kelas yang berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif tipe FSLC) dan kelas kontrol (model pembelajaran konvensional). Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis berupa 6 soal uraian yang telah melalui uji validasi isi, validasi konstruk, dan validasi empiris. Berdasarkan hasil pengujian prasyarat analisis data setelah perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan perhitungan hipotesis statistik diperoleh thitung = 3.828 dan ttabel = 1.994. Nilai thitung > ttabel sehingga tolak H0 dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor tes kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan rata-rata skor tes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe FSLC terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 157 Jakarta. Besarnya pengaruh berdasarkan perhitungan Cohen’s effect size adalah 58% yang termasuk dalam kategori kecil. This research aims at investigating the significant effect of the application of the application of FSLC cooperative type learning model on sudents’ mathematical communication skills. The population of this study was eighth grade students of 157 Junior High School of Jakarta in first semester of 2019/2020 academic year on Number Pattern chapter. This research applied quasi experimental design. The sample was withdrawn using simple random sampling technique. Simple random sampling technique was done by randomly picked two out of three classes which has normal distribution, homogen, and equal average in order to become the experiment class (FSLC learning model) and the control class (conventional learning model). The instrument of this research is the mathematical communication skills test on Number Pattern chapter consist of six problems. Before being used, the instrument has passed the test of content validity, construct validity, and empirical validity. Based on calculation of this research’s data, the data of two classes came from a normal distributed population and has equal variance or homogen. Therefore, the test of statistical hypotheses test, the value of tcount = 3.828, ttable = 1.994, therefore reject the H0 on significant degree of α = 0.05. based on findings, the writer concluded that there is a significant effect of application of FSLC cooperative type learning model on students’ mathematical communication skills in 157 junior high school of Jakarta. Based on the calculation of Cohen’s effect size is 58% in the small of category.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ir. Fariani Hermin Indiyah, MT ; 2). Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 866 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2020 17:55
Last Modified: 09 Jun 2020 17:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5845

Actions (login required)

View Item View Item