FANDHI, . (2025) MODEL BELAJAR LOMPAT JAUH BERBASIS BERMAIN UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (840kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
Lampiran & Daftar Riwayat_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model belajar lompat jauh berbasis bermain untuk siswa kelas V sekolah dasar, (2) Memperoleh data empiris tentang kelayakan model belajar lompat jauh berbasis bermain untuk siswa kelas V sekolah dasar, (3) Memperoleh data empiris tentang keefektifan model belajar lompat jauh berbasis bermain untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan pengembangan model dengan desain yang dikemukakan oleh Borg & Gall melalui sepuluh tahap yaitu: (1) Pertama kali yang ditentukan adalah masalah atau potensi yang menjadi dasar pengembangan model, (2) Selanjutnya dilakukan pengumpulan informasi sebagai landasan pemikiran untuk membuat konsep, (3) Pembuatan model (rancangan produk), bentuk rancangan tersebut adalah model belajar lompat jauh berbasis bermain, dan (4) Validasi desain, dilakukan oleh 9 orang ahli dengan 3 kepakaran, (5) Revisi, dari hasil uji ahli (validasi desain), (6) Ujicoba produk, dilakukan dengan mempraktekkan model belajar lompat jauh berbasis bermain, (7) Revisi hasil uji coba produk, (8) Ujicoba pemakaian atau uji efektifitas dengan, 60 responden terdiri dari 30 responden kelompok eksperimen dan 30 responden kelompok kontrol, (9) Revisi produk kedua, revisi dilakukan oleh ahli, guna memperoleh hasil yang sempurna, (10) Model dapat diproduksi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah model belajar lompat jauh berbasis bermain terdiri dari 16 bentuk model belajar. Uji efektivitas lapangan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar. Hasil uji NGain skor kelompok eksperimen diperoleh nilai mean= 76,7532 atau dapat dibulatkan menjadi 77% termasuk dalam kategori efektif sedangkan hasil uji Ngain Skor kelompok kontrol diperoleh nilai Mean= 8,1379 atau dapat dibulatkan menjadi 8% termasuk dalam kategori Tidak efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa model belajar lompat jauh berbasis bermain efektif terhadap hasil pembelajaran lompat jauh. Kata kunci : Model Belajar, Lompat Jauh, Bermain ***** LONG JUMP LEARNING MODEL PLAY-BASED FOR ELEMENTARY SCHOOL GRADE V STUDENTS FANDHI ABSTRACT This study aims to: (1) Develop a play-based long jump learning model for grade V elementary school students, (2) Obtain empirical data on the feasibility of a play-based long jump learning model for grade V elementary school students, (3) Obtain empirical data on the effectiveness of play-based long jump learning model for grade V elementary school students. This research is the development of a model with a design proposed by Borg & Gall through ten stages, namely: (1) The first time that is determined is the problem or potential that is the basis for model development, (2) Next, information is collected as a basis for thinking to make a concept, (3) Creating a model (product design), the form of the design is play-based long jump learning model, and (4) Design validation, carried out by 9 experts with 3 expertise, (5) Revision, from the results of expert tests (design validation), (6) Product trials, carried out by practicing play-based long jump learning models, (7) Revision of product trial results, (8) Usage trials or effectiveness tests with, 60 respondents consisting of 30 experimental group respondents and 30 control group respondents, (9) The second product revision, the revision is carried out by experts, in order to obtain perfect results, (10) Models can be produced. Data analysis was carried out descriptively, qualitatively, and quantitatively. The result of this study is that a play-based long jump learning model consists of 16 forms of learning model items. Field effectiveness tests showed that there was a significant influence on improving learning outcomes. The results of the NGain test test score of the experimental group were obtained with a mean value = 76.7532 or can be rounded to 77% included in the effective category while the results of the Ngain test The score of the control group was obtained with a mean value = 8,1379 or can be rounded to 8% included in the Ineffective category. Therefore, it can be concluded that the play-based long jump learning model is effective on the learning outcomes of long jump. Keywords : Learning Model, Long Jump, Play
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1).Prof.Dr.Samsudin,M.Pd 2).Prof.Dr.Drs.Hernawan,SE,M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Fandhi . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 04:00 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 04:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |