PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN TERINTEGRASI MOOC (MASSIVE OPEN ONLINE COURSE) UNTUK MAHASISWA PADA MATERI DERET BALMER

ADINDA ADZKIA ZHAFIRA DAHLAN, . (2025) PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN TERINTEGRASI MOOC (MASSIVE OPEN ONLINE COURSE) UNTUK MAHASISWA PADA MATERI DERET BALMER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan dan saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan media pembelajaran menghasilkan inovasi media pembelajaran berupa media dengan konsep MOOC. Dengan fokusan mengembangkan website pembelajaran yang terbuka dengan kemudahan pengaksesan sejalan dengan konsep MOOC. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah website pembelajaran MOOC berbasis Moodle ada materi Deret Balmer yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan SAM (Successive Approximation Models). Produk berhasil dikembangkan melalui penilaian dari para ahli kelayakan yang menyatakan produk berada pada interpretasi sangat layak (91.67%) dari ahli media, produk berada pada interpretasi sangat layak (91.67%) dari ahli pembelajaran dan produk berada pada interpretasi sangat layak (93.75%) dari ahli materi. Hasil uji pengguna mahasiswa skala kecil berada pada interpretasi sangat baik (93.93%) dan hasil uji pengguna mahasiswa skala besar berada pada interpretasi sangat baik (95.19%). Demikian, produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Website pembelajaran dapat diakses melalui https://team.moocfisikamodernunj.site/ ********** The development of learning media produces learning media innovations in the form of media with the MOOC concept. With a focus on developing an open learning website with easy access in line with the MOOC concept. This study aims to develop a Moodle-based MOOC learning website there is a Balmer Series material that is feasible to use in physics learning. The research method used in the research is research and development using the SAM (Successive Approximation Models) development model. The product was successfully developed through the assessment of the feasibility experts who stated the product was at a very feasible interpretation (91.67%) from the media expert, the product was at a very feasible interpretation (91.67%) from the learning expert and the product was at a very feasible interpretation (93.75%) from the material expert. The results of the small-scale user trial were at a very good interpretation (93.93%) and the results of the large-scale user trial were at a very good interpretation (95.19%). Thus, the developed product is feasible to use as physics learning media. The learning website can be accessed through https://team.moocfisikamodernunj.site/

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Esmar Budi, S.Si., M.T. 2). Ely Rismawati, M.Pfis.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Adinda Adzkia Zhafira Dahlan .
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:40
Last Modified: 07 Aug 2025 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58536

Actions (login required)

View Item View Item