ALAT PERAGA HIDROLIKA UNTUK PEMBELAJARAN HUKUM PASCAL DI SMA

NUR LAILI YUNARA, . (2020) ALAT PERAGA HIDROLIKA UNTUK PEMBELAJARAN HUKUM PASCAL DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (557kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nur Laili Yunara, 2020 “Alat Peraga Hidrolika Untuk Pembelajaran Hukum Pascal di SMA”. Skripsi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga hidrolika materi hukum Pascal yang layak digunakan untuk pembelajaran fisika di SMA. Uji produk dilakukan di SMAN 77 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R & D (Research and Development), dan mengacu pada model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dan test. Berdasarkan uji kelayakan oleh para ahli didapatkan penilaian ahli media sebesar 88.88 % dan ahli materi sebesar 84.72 %. Hasil dari uji coba lapangan menunjukkan peningkatan pengetahuan dengan interpretasi sedang diperoleh uji gain ternormalisasi sebesar 0,59. Dengan demikian alat peraga hidrolika untuk pembelajaran hukum Pascal di SMA berdasarkan uji kelayakan dinyatakan layak. Kata kunci: Alat Peraga; Hidrolika; Hukum Pascal Nur Laili Yunara, 2020 "Hydraulic Aid for Teaching Pascal’s Law in High School". Essay. Jakarta: Jakarta State University. This research aims to generate a decent product of hydraulic aid of Pascal's Law to use for teaching physics in high school. This research used R&D (Research and Development) method as research method and referred to ADDIE model which is covering analysis, design, development, implementation and evaluation while data collection is done using a questionnaire, and the test. According to the feasibility study of experts, assessment is obtained in the amount of 88.88 % from media expert and 84.72 % from material expert. The result of field testing shows knowledge enhancement with interpretation is being obtained by Gain Test for normality in the amount of 0.59. Therefore, the hydraulic aid for teaching Pascal's Law in high school is stated decent based on the feasibility study of experts. Keywords: teaching aid; hydraulic; Pascal's Law

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. rer. nat. Bambang Heru Iswanto, M.Si 2) Dr. Anggara Budi Susila, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 737 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 12:37
Last Modified: 17 Apr 2020 12:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5855

Actions (login required)

View Item View Item