ADE AMALIA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (633kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (569kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile learning dengan pendekatan saintifik pada materi termokimia. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dari Borg & Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI. Aplikasi yang digunakan dalam pembuatan mobile learning dengan pendekatan saintifik adalah Adobe Animate CC 2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang terdiri dari kuesioner analisis pendahuluan siswa dan guru; kuesioner uji kelayakan para ahli; dan kuesioner uji coba media untuk siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dekstriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, kriteria deskriptif kualitas dengan rating scale, dan uji Hoyt untuk reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian oleh ahli media serta ahli materi dan bahasa berturut-turut adalah 87.3% (r = 0.824), 85.2% (r = 0.961) dengan interpretasi sangat baik, (2) Penilaian oleh siswa pada skala kecil dan besar diperoleh rata-rata sebesar 85.7% dan 90.4% serta penilaian oleh guru diperoleh rata-rata sebesar 96.8% dengan interpretasi sangat baik. Dengan demikian, pengembangan media mobile learning dengan pendekatan saintifik pada materi termokimia mampu mendukung proses pembelajaran mandiri siswa secara efektif dan interaktif. Kata kunci: mobile learning, pendekatan saintifik, termokimia***** This study aims to develop mobile learning media with a scientific approach on thermochemistry material. The research method used in this study is the Research and Development (R&D) method from Borg & Gall. The subjects of this study are 11th grade high school students. The application used in to create the mobile learning is Adobe Animate CC 2022. The data collection technique used in this tudy was a questionnaire, consisting of a preliminary analysis questionnaire for students and teacher; a feasibility test questionnaire for experts; and a media trial questionnaire for students and teacher. The data analysis technique used in this study was quantitative descriptive analysis using a Likert scale, descriptive quality criteria with a rating scale, and Hoyt’s test for reliability. The results of the study indicate that: (1) The assessment by media experts and subject matter and language experts was 83.7% (r = 0.824) and 85.2% (r = 0.961), respectively, with a very good interpretation, (2) Student evaluations on the small and large scales averaged 85.7% and 90.4%, respectively, and the teacher evaluations averaged 96.8%, all interpreted as very good. Thus, the development of media mobile learning media using a scientific approach in thermochemistry material can effectively and interactively support students’ independent learning processes. Keywords: mobile learning, scientific approach, thermochemistry
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Maria Paristiowati, M. Si. ; 2). Prof. Dr. Setia Budi, M. Sc. |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ade Amalia . |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:35 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |