TENDA EDUKATIF BERBASIS MULTI KECERDASAN UNTUK ANAK USIA 3-6 TAHUN

YUANDIRA DWI HESTI, . (2016) TENDA EDUKATIF BERBASIS MULTI KECERDASAN UNTUK ANAK USIA 3-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Penulisan TA_Yuandira Dwi Hesti_Lengkap.pdf

Download (4MB)

Abstract

Semakin maraknya permainan berunsur edukasi untuk anak usia 3-6 tahun berpeluang untuk menciptakan sebuah produk mainan yang dapat menstimulus kecerdasan anak. Tenda edukatif ini dilengkapi dengan boneka jari, terowongan, kartu bermain, dan puzzle bertujuan dapat melatih multi kecerdasan yang mengacu pada teori Howard Gardner (2009, h.3), yaitu kecerdasan visual-spasial, interpersonal, intrapersonal, kinestetik, naturalistik, musikal, linguistik dan logikal-matematikal. Melalui produk tenda edukatif anak dapat belajar sambil bermain sehingga anak merasa senang, nyaman dan tanpa sadar sedang belajar melatih delapan multi kecerdasannya. Tema yang dipilih adalah binatang agar anak memiliki rasa empati pada makhluk hidup. Pada karya Tugas Akhir Penciptaan Karya Seni Rupa teori yang digunakan adalah teori Maurice Barret (1979) yang menjadi landasan berkarya berdasarkan konseptual, operasional dan sintetik. Proses penciptaan produk tenda edukatif menggunakan teknik jahit, sablon flek dan konstruksi. Ukuran produk mengacu pada antropometri dan ergonomi anak-anak usia 3-6 tahun. Warna yang dipilih adalah warna kontras dan warna-warna baku agar anak mudah mengenali dan menarik perhatiannya. Produk tenda edukatif dapat menjadi media pembelajaran untuk anak PAUD atau TK sehingga proses pembelajaran akan lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Kesenian > Seni Rupa, Fotografi
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2020 16:20
Last Modified: 17 Mar 2020 16:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5862

Actions (login required)

View Item View Item