STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM TARI TURANGGA YAKSA UNTUK TUJUAN PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PADA PESERTA DIDIK DI SANGGAR TARI RIRIN KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR

Wulan Sari Rokiftiyah, . (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DALAM TARI TURANGGA YAKSA UNTUK TUJUAN PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PADA PESERTA DIDIK DI SANGGAR TARI RIRIN KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB II NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran tari Turangga Yaksa untuk tujuan pembelajaran ranah afektif pada peserta didik di Sanggar Tari Ririn. Penelitian menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif analisis. Proses penelitian berlangsung pada bulan September hingga Desember 2015. Prosedur atau teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, studi pustaka. Teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian Pembelajaran tari Turangga Yaksa melalui strategi pembelajaran ekspositori menunjukkan tujuan pembelajaran ranah afektif di Sanggar Tari Ririn menjadi lebih baik dari sebelumnya. Walaupun memerlukan waktu yang relatif lama dan harus dilakukan pembelajaran secara bertahap, konsisiten, dan secara terus menerus. Tujuan pembelajaran ranah afektif diharapkan dapat membentuk tingkah laku disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab pada peserta didik. hal tersebut dapat terbentuk maksimal jika pelatih di Sanggar Tari Ririn dapat menerapkan strategi pembelajaran ekspositori yang mengarah kepada pembentukan karakter. Oleh sebab itu, kondisi pembelajaran di Sanggar Tari Ririn harus sangat maksimal agar tujuan pembelajaran ranah afektif dapat dicapai melalui pembelajaran tari Turangga Yaksa dapat terbentuk dengan baik. Bentuk penerapan strategi pembelajaran ekspositori yang dilakukan oleh pelatih di Sanggar Tari Ririn juga akan mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran ranah afektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M. Pd ; 2). B. Kristiono Soewardjo, SE., S. Sn., M. Sn
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 17 Mar 2020 17:45
Last Modified: 17 Mar 2020 17:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5867

Actions (login required)

View Item View Item