Implementasi Model OpenAI GPT-4o Vision Untuk Penilaian Otomatis Proyek Infografis Berbasis Rubrik pada Mata Pelajaran Geografi

Regian Gusti Fadillah, . (2025) Implementasi Model OpenAI GPT-4o Vision Untuk Penilaian Otomatis Proyek Infografis Berbasis Rubrik pada Mata Pelajaran Geografi. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
01 COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seiring meningkatnya penggunaan tugas proyek visual seperti infografis dalam pendidikan, tantangan penilaian yang objektif dan konsisten menjadi semakin krusial, terutama dalam mata pelajaran Geografi yang menuntut evaluasi analisis spasial yang kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sistem penilaian otomatis berbasis rubrik untuk proyek infografis Geografi, dengan memanfaatkan kemampuan model multimodal OpenAI GPT-4o Vision. Metodologi penelitian melibatkan pengembangan sistem dan pengujian performanya menggunakan Mean Absolute Error (MAE) untuk mengukur keakuratan serta Intraclass Correlation Coefficient (ICC) untuk mengukur reliabilitas sistem dalam mereplikasi penilaian manual. Hasil pengujian menunjukkan nilai Mean Absolute Error (MAE) sebesar 3.87. Namun, ketika dibandingkan dengan model dasar (baseline) yang memprediksi nilai median, sistem penilaian menunjukkan tingkat kesalahan yang lebih tinggi (MAE baseline = 1.42). Reliabilitas sistem berada pada kategori "Moderate Agreement" dengan nilai ICC sebesar 0.564. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas yang moderat ini disebabkan oleh tantangan sistem dalam menilai kriteria visual-estetika yang subjektif secara konsisten. Meskipun demikian, sistem penilaian otomatis ini menunjukkan potensi signifikan sebagai alat bantu penilaian. Untuk optimalisasi di masa mendatang, disarankan untuk menyempurnakan deskripsi rubrik, mengintegrasikan mekanisme human-in-the-loop, menggunakan sistem deteksi yang lebih andal dan mempertimbangkan penggunaan model LLM serta Vision yang lebih mutakhir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd. 2). Prof. Dr. Cahyadi Setiawan, S.Si., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 29365 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:47
Last Modified: 07 Aug 2025 04:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58697

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item